Diary · Foto

Canon Photomarathon 2015

Siapa kemarin yang ikutan kompetisi Canon Photomarathon?

Saya! *ngacungin tangan sendiri* #NanyaSendiriJawabSendiri :D

Salah satu perhelatan kompetisi fotografi terbesar di Indonesia, tahun ini diadakan di 3 kota besar di negeri ini. Bali, untuk pertama kalinya dipilih sebagai venue yang dipercaya untuk mengadakannya. Awalnya saya pikir gak akan serame di tempat lain. Alasannya, beberapa kali diadakan kompetisi foto on the spot di tempat ini, tapi peminatnya tak banyak. Tapi dugaan saya salah.

Pendaftaran ulang dibuka pukul 7 pagi. Saya sudah berangkat dari rumah sejak pukul 6. Garuda Wisnu Kencana Cultural Park, tempat diadakannya kompetisi, hanya berjarak sekita 10 km dari tempat saya tinggal. Ternyata sesampainya di sana, para peserta sudah mengular mengantri untuk registrasi ulang. Usut punya usut, ada yang sudah datang sejak pukul 5 pagi. Wow~

Total peserta yang mengikuti kompetisi hari itu lebih dari 1.000 orang. Jumlah segitu tentu saja bukan hanya dari Bali semata. Ada yang jauh-jauh datang dari Lombok, Lumajang, Jember, Banyuwangi, Wonosobo, Jakarta, bahkan dari Makasar. Wow lagi~

Btw, saya membawa kamera Nikon saat mengikuti lomba ini. Alhasil, saya merasa menjadi anak ‘murtad’. Untungnya saya gak ‘murtad’ sendirian. Banyak peserta yang membawa kamera dengan merek selain Canon bertebaran di sana-sini. Gear-nya pun beragam. Dari lensa tele, wide, prime, pokoknya udah kayak etalase toko kamera aja. Hehehe…

Setelah pembukaan, bagi-bagi door prize, foto bersama, tema pertama pun diumumkan. “Hampir Jadi”, menjadi tema pertama dalam kompetisi di Pulau Dewata. Waktu pengumpulan hasil adalah 2,5 jam sejak diumumkannya tema. Para peserta pun bertebaran mencari ide. Ada yang mencari ide di sekitar tempat acara, ada pula yang bergegas menuju kendaraannya untuk mencari ide di tempat lain.

CPM_040
Foto ini disertakan untuk tema pertama CPM 2015, “Hampir Jadi”. Mengambil lokasi di pertokoan sekitaran GWK yang belum rampung dibangun.

 

Tema kedua: “Perbedaan Yang Indah” diumumkan jam 11 siang. Kali ini, para peserta diberi waktu yang lebih singkat, yaitu satu jam untuk kemudian mengumumkan hasilnya.

Walau berbeda warna, namun bilah baling-baling bersatu menghasilkan kombinasi warna yang indah saat berputar terkena hembusan angin. Foto ini adalah untuk tema kedua, "Perbedaan Yang Indah".
Walau berbeda warna, namun bilah baling-baling bersatu menghasilkan kombinasi warna yang indah saat berputar terkena hembusan angin. Foto ini adalah untuk tema kedua, “Perbedaan Yang Indah”.

 

Setelah pengumpulan hasil untuk tema kedua, acara dihentikan sementara untuk break makan siang. Makan siang tidak disediakan oleh panitia, ya. Jadi, kami bertebaran di sana-sini untuk mencari makanan. Ada yang membeli di sekitaran GWK, ada pula yang memang membawa makanan dari rumah (termasuk saya). :D

Setelah selesai makan siang, tema ketiga pun diumumkan. “Khas Bali”, menjadi tema terakhir kompetisi hari itu. Mendengar tema terakhir dibacakan, para peserta terlihat bersemangat. Mungkin, yang terakhir ini dianggap paling banyak ide yang bisa diolah. Waktu pengumpulannya sama dengan tema kedua, yaitu hanya satu jam.

Saya memotret seorang gadis Bali yang ramah dan murah senyum untuk tema ketiga, "Khas Bali".
Saya memotret seorang gadis Bali yang ramah dan murah senyum untuk tema ketiga, “Khas Bali”.

Sembari menunggu juri menilai foto-foto yang dikumpulkan peserta, pihak panitia juga menyediakan seminar fotografi dan sesi foto bersama model. Saya beserta peserta yang lain, tentu saja tidak menyia-nyiakan kesempatan itu untuk menambah dan mengasah pengetahuan kami.

Kompetisi berakhir tepat pukul 6 sore, dengan diumumkannya para pemenang. Salut melihat foto-foto para juara. Kreativitas mereka membuat saya kagum. Foto-foto para pemenang nantinya akan di-upload di website resmi Canon Photomarathon Asia (sampai tulisan ini selesai dibuat, hasil dari Bali belum dimuat di sana).

Akhir kata, walau saya bukan salah satu di antara para pemenang, tapi saya senang sudah mengikuti Canon Photomarathon tahun ini. Ingin banget untuk kembali mengikuti event yang sama di tahun-tahun mendatang. Semoga diadakan di Bali lagi, ya. Soalnya gak kuat kalau harus pergi ke tempat lain. Gak kuat ongkosnya, tepatnya. :D

 

One thought on “Canon Photomarathon 2015

Tinggalkan Balasan

