Foto

Melukis dengan Cahaya

Kata Fotografi, jika diterjemahkan secara harfiah memiliki arti melukis dengan cahaya. Tapi berapa dari kita yang menamakan diri fotografer memandang cahaya sebagai elemen penting dalam mengambil foto? Kebanyakan dari kita justru bergulat dengan komposisi, pose, lokasi, subyek foto, dan masalah teknik lainnya. Akibatnya saat foto jadi, kita kesal karena hasil foto kita terlalu gelap, terlalu terang, banyak bayang-bayang, atau terlalu datar tak memiliki dimensi.

Saya dulu juga seperti itu. Tapi sejak menonton video ini, kini setiap kali saya memotret, saya selalu mencari sumber cahaya dan memosisikan subyek foto sesuai arah datangnya cahaya tersebut. Sejak saat itu, saya merasakan perubahan dalam foto-foto yang saya hasilkan; lebih hidup dan dramatis karena ada dimensi yang dihasilkan dari bagian terang dan bayangan. Shadow and light tidak mungkin tercipta tanpa peran cahaya di dalamnya.

Tinggalkan Balasan

