Diary · Postingan GaJe

Diet, Oh Diet

Jangan pernah tanya berat badan saya please, karena saya mungkin tidak akan pernah mau menjawabnya. Yang pasti, saya tahu kalau saya musti menurunkannya kalau mau tetap sehat.

Saya binge. Artinya, saya makan kalau saya sedang emosi, lelah, stres, bosan. Emotional eating. Seringkali saya makan bukan karena lapar, dan tidak berhenti saat saya kenyang, tapi saat saya merasa lebih baik. Gak sehat, ya. Dan yang pasti, membuat angka timbangan terus naik.

Saat skripsi dulu dan proses mencari pekerjaan pertama, berat badan saya naik sampai 10 kilo dalam waktu 1,5 tahun. Saat-saat itu adalah saat paling stres buat saya, dan makanan adalah pelariannya. Jadi, kalau orang lain kurus saat sedang stres, saya justru kebalikannya.

Saya sudah mencoba berdiet. Jarang yang berhasil, karena kurang motivasi diri, sepertinya. Tapi, ada satu diet yang sempat menurunkan berat badan saya hingga 5 kilo dalam waktu 3 bulan. Saya melakukan food combining (FC) lebih dari setahun yang lalu. Selain berat badan yang turun, saya saat itu juga merasa lebih segar karena dalam FC kita musti banyak makan buah dan sayuran. Tapi sayangnya, diet saya itu gak tahan lama. Saya berhenti diet saat mulai puasa, dan susah untuk melanjutkan diet lagi sesudahnya. Bisa ditebak, berat badan saya naik lagi. Hahaha…

Tapi seiring bertambahnya usia, sepertinya saya harus mulai serius untuk berdiet. Metabolisme sudah gak sebagus dulu. Saya jadi sering capek, migrain, sering flu, dan sakit lainnya. Saat bangun tidur, bukannya merasa segar, tapi  justru merasa semakin lelah. Lutut terkadang sakit karena menopang beban tubuh yang berat.

Saya tak mau begini terus. Saya ingin merasa sehat dan lincah dalam beraktivitas. Saya juga gak mau nanti menyesal saat sudah terkena penyakit degeneratif akibat obesitas. Saya harus sadar sebelum semuanya terlambat. Jadi mulai hari ini, saya akan serius berdiet sampai berhasil. Semangat! Demi kualitas hidup yang lebih baik! p(>__<)q

Tinggalkan Balasan

