Diary · Foto · Traveling

Jalan-jalan Minggu: Pantai Pandawa

Bali di bulan Juni-Juli bersuhu lebih dingin dari biasanya. Pengaruh musim dingin dari Australia menghembuskan hawa sejuknya hingga ke pulau seribu pura. Saya merapatkan jaket, menahan kencangnya terpaan angin saat memacu motor pagi ini menuju Pantai Pandawa.

Jaraknya dengan rumah hanya sekitar lima belas menit perjalanan. Sengaja saya ke sana pagi ini karena ingin tahu suasana pantai Pandawa di pagi hari. Saya memang biasanya ke sana sore atau tengah hari.

Ternyata walau saya tiba pukul tujuh, seorang pecalang telah berada di tempatnya, siap menarik retribusi pendatang dan parkir. Tiga ribu perak saya keluarkan dari dompet. Dua ribu untuk parkir, seribu karena seorang diri. Lalu, saya pun melaju menuruni jalan dengan tebing buatan di kanan-kiri. Akses menuju pantai ini memang dibuat dengan memotong bukit kapur yang mengitarinya. Dulu, saat jalan menuju ke sini belum dibuat, hanya sedikit orang yang tahu akses menuju ke sini. Itu sebabnya, pantai ini juga terkenal dengan sebutan “Secret Beach”.

Pantai Pandawa di waktu pagi masihlah sepi. Tak banyak pengunjung, tak seperti di siang hari dimana bus-bus dari luar daerah telah mengantri. Hanya ada satu-dua pengunjung yang terlihat serta beberapa penduduk yang mulai membersihkan warung-warung yang berjajar di sepanjang pantai. Terlihat berbeda dengan keadaan beberapa tahun lalu, saat yang berjajar di sepanjang pantai adalah rumah penduduk dengan rumput laut yang sedang disiangi di halaman.

Anyway, ini dia oleh-oleh dari jalan-jalan ke Pantai Pandawa di pagi hari. Enjoy~ :)

 

5 thoughts on “Jalan-jalan Minggu: Pantai Pandawa

  1. Bulan-bulan seperti ini memang ya Mbak, kalau siang panas banget tapi kalau malam terutama menjelang subuh itu dingin sekali :hehe. Keren, Mbak, foto-fotonya! Suka dengan warna-warna vivid yang ada di sana, pariwisata di Bali sudah demikian berkembangnya ya, tapi semoga saja itu tidak berdampak buruk pada masyarakat di sana :)).

    1. Siang terik, tp anginnya tetep dingin. Suhunya pagi bisa sampe 20C, siang cuman 27C. Dingiiinn… brr…
      Yah, setiap hal itu ada positif dan negatifnya. Tergantung gimana kita nyikapinnya aja, sih. Pandawa terkenal, warga di sekitarnya semakin makmur, tp alamnya jd ‘rusak’, budayanya jd terancam.

    1. Iya, kebanyakan wisatawan jarang yg jalan menyusuri pantai. Yah, lain kali datang lg ke sini dan jalan sepuasnya. Salam kenal jg dari Bali :D

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s