Diary · Foto

Pesta Kesenian Bali 2015

Pesta Kesenian Bali tahun ini dilangsungkan sejak tanggal 13 Juni-11 Juli 2015. Seperti biasa, parade dilakukan pada hari pembukaan bertempat di Lapangan Niti Mandala, Renon, Denpasar. Ada yang berbeda dengan pelaksanaan parade tahun ini. PKB yang tahun ini mengusung tema “JAGADHITA: Memperkokoh Kesejahteraan Masyarakat” tidak dimulai dari sebelah timur, seperti biasanya. Kali ini, parade dimulai dari sebelah barat. Itu artinya, rombongan berkumpul di sebelah selatan lapangan, dan bukannya sebelah timur lapangan seperti tahun-tahun yang lalu.

Bapak dan saya sempat kebingungan dengan pengaturan ini. Dimulai dari keheranan akan lokasi parkir yang lebih jauh hingga kebingungan saat mencari para peserta parade. Akibatnya, kami berjalan mengelilingi hampir seluruh lapangan untuk menemukan mereka.

Namun, saya salut dengan pengaturan tahun ini. Pertama, letaknya yang berseberangan jauh dengan panggung utama, menjadikan tempat berkumpulnya rombongan tidak menjadi satu dengan yang berdesakan ingin menonton. Gladi bersih mereka pun bisa tampil dengan maksimal, tanpa takut mengganggu penampilan rekan mereka yang sedang beraksi di depan para pejabat. Kedua dan yang terpenting bagi saya sebagai seorang fotografer, saya sangat puas dengan kualitas cahaya di tempat ini. Memang, sebagian besar berada di bawah pohon sehingga warnanya menjadi lebih ‘dingin’. Saya sampai harus memakai white balance cloudy untuk menaikkan temperatur cahaya sehingga warna baju mereka yang warna-warni menjadi kelihatan lebih ‘kinclong’. Namun, saat mereka berjalan menuju panggung utama, ada satu titik dimana sinar matahari menyinari mereka dari atas-samping. Sempurna sekali! Saya sampai bisa mengambil gambar ini (foto PKB favorit saya sejauh ini):

PKB2015_455_02

Ini sebagian foto yang saya ambil untuk PKB tahun ini. Foto selebihnya, bisa dilihat di page saya: Mirna Rizka Photography. Jangan lupa klik ‘like’ juga, ya. ;)

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Dan ini adalah video gladi bersih yang sempat saya ambil dengan kamera hape. Sayangnya memori kamera saya tidak cukup untuk merekam yang lainnya. *cediihh* :(

 

4 thoughts on “Pesta Kesenian Bali 2015

  1. Wow, fotonya cetaaar! Keren banget memang, apalagi PKB yang sudah tak usah kita pertanyakan lagi bagaimana totalitas dan bentuk pagelarannya yang sangat beragam tapi juga sangat khas Bali :hehe.

    1. Makasih :). Memang, pkb adl event tahunan yg ditunggu2 oleh para fotografer. Krn kpn lg bisa dpt model cantik-ganteng, full make-up dan costume, daann yg terpenting: GRATISS!! :D

      1. Nah, itu dia yang paling ditunggu: gratis :hihi. Paling cuma bayar biaya parkir… :hehe.

Tinggalkan Balasan

