Foto

Long Exposure

Akhirnya keturutan juga bisa motret long exposure. Secara, saya gak punya filter GND yang bisa menurunkan kecepatan hingga beberapa stop. Jadilah sehabis subuh, sebelum matahari terbit, saya dan bapak menuju pantai Kelan. Sengaja memilih pantai itu, karena lokasinya di barat. Saya berharap, suasananya bisa lebih gelap lebih lama dibanding pantai yang menghadap ke timur.
Saya memilih aperture priority dan memasang f setinggi yang saya bisa. Di gambar ini, f yang saya pilih adalah f/16, dan speed otomatis jatuh di 13 detik.
Gak punya remote shutter, saya pun menggunakan timer. Timer 10 detik saya pilih untuk memastikan kamera benar-benar stabil dan bebas guncangan. Hasilnya, seperti ini:

KELAN_002K

Jadi, bisa dibilang ini seperti kata pepatah: “Tak ada rotan, akar pun jadi”. :D

27 thoughts on “Long Exposure

    1. Makasih, mbak :)

      Ayo mbak, dicoba. Saya seneng sekali akhirnya kesampaian buat beginian apalagi dgn keterbatasan alat (cuman punya kamera dgn lensa kit dan tripod pinjaman). Yah, diakalin aja lah. Yg penting kan tujuan tercapai. :D

      1. Nunggu punya kamera dulu hehe
        Selama ini modalnya cuma hp, tp kalau ndak salah, ada apps yg bisa motret begini, nanti coba cari dulu dan cari air yg mengalir spt ini :)

      2. Saya jg sering motret pake hape. Hape jaman sekarang udah bagus kok, mbak. :)
        Iya, kalo gak salah namanya FV-5. Belum pernah nyoba, tapi. Bisa memperlambat shutter speed dari setting kamera hape kita yg seharusnya.

      3. Terima kasiih..
        sejauh ini sih tips yg ada di link itu selalu saya lakukan, tapi sedang ingin cari tau yang spt appsnya android itu… jd mirip2 kamera dslr hehe

      4. Wah, saya jg kurang tau, mb. Saya pernah liat di insta, ada yg motret iphone-nya yg sdg dipasang di atas tripod yg mengarah ke sungai yg mengalir. Asumsi saya sih dia motret sungai itu. Walau gak ada penjelasan soal aplikasi yg dia pakai, berarti seharusnya ada dong, ya. Semoga suatu hari nanti ketemu jawabannya ya, mb. :)

    1. Kemarin dapet quote keren dari Jerry Ghionis, salah satu fotografer terbaik saat ini. Dia bilang, “You don’t have to be the best, you just have to be better than last week”. Quote itu langsung memecut semangatku, Win. Jadi tiap minggu, aku membandingkan hasil fotoku dengan minggu lalu, apakah aku sdh ada kemajuan atau belum. Apa yg hrs aku lakukan supaya jd lebih baik. Kalau mikirin itu, rasanya gak sempat lg minder dgn karya2 fotografer yg udah besar. Aku ini kan orangnya gak pede-an soalnya.

      1. Makasih, Win. :)
        Kamu jg keren, seorang solo traveler. Pingin lho, bisa seberani kami traveling sendirian. Saya ini mah suka parno aja kalo pingin jalan sendiri. >.<

  1. Ini kali pertama berkunjung dan menyesal kenapa gak dari dulu lebih perhatian sama blogku. salam kenal dan terima kasih udah jadi orang pertama yang kasih komen di tulisan perdana di blogku dulu :’)

  2. Maen-maen long exposure saya mah buat bikin foto bulb doang, belum nyobain landscape.
    Teman terbaik buat long exposure ya tripod, tapi saya suka kelupaan ngecek mountnya yg seringnya ga kebawa.

Tinggalkan Balasan

