Foto

Pada Suatu Senja

DSC_0010_010

25 thoughts on “Pada Suatu Senja

    1. Main di white balance, Win. Jgn disetel auto mulu white balance-nya. Kebetulan, kamera kita jenisnya sama kan, Nikon D3100? Coba saat sunset kamu pasang di shade (gambar rumah berbayang-bayang). Kalau terlalu kuning, setel di cloudy (gambar awan). Dan, rasakan bedanya. :)

      Aku udah gak pernah pake auto white balance lg. Biasanya malah aku setel default di Daylight (gambar matahari). Pada umumnya, lebih bisa nangkap warna dibanding auto yg sebagian besar warna kuning malah dijadikan putih. Tp aku motret pake RAW. Kalau aku gak puas dgn warnanya, white balance bisa diubah belakangan saat post processing lewat software bawaan kamera.

      Selamat mencoba! :)

      1. Aku jarang main di speed kecuali memang mau motret dgn efek2 spt panning atau membekukan gerak, Win. Setelan default-ku biasanya di mode A, jd speed dihitung oleh kamera.
        Untuk kondisi normal, biasanya speed minimumku 1/60 – 1/80. Hanya utk menjaga dari gerak tangan yg gak stabil. Sekali lagi, ini utk kondisi normal, ya.
        Aku gak pernah ngatur kontras di kamera, karena kondisi di lapangan kan gak pernah sama. Cahaya bisa berubah setiap saat. Jd, lbh baik diatur nanti saat post processing.

      2. Yup, makanya itu adl speed minimum. Kalau benda bergerak, hrs lbh tinggi lg speed-nya. Rumus agar tdk hand shake (minimum) adl 1/focal length. Jd, makin besar ukuran FL-nya, makin cepat speed minimumnya. Kalau pakai lensa 200 mm, berarti minimum biar gak handshake, speed minimumnya adl 1/200.

        F itu besaran aperture. Makin besar bukaannya (makin kecil angkanya), makin sempit depth of field (DOF)nya.

    1. Foto bagus atw gak, gak hanya tergantung kameranya, sih. Saya pernah nulis 3 tulisan tentang motret dgn kamera hape dan poket. Sampai sekarang, saya jg kadang masih pake kamera poket. :)

    1. Malah baru tau kalo foto tema minggu ini adalah siluet. Kayaknya ini di-uploadnya sebelum keluar tema itu deh. Berarti photo challenge-nya terhubung telepati sama saya, nih. *ge-er mode*

      Iya, saya pake D3100 :)

Tinggalkan Balasan

