Diary

Baterai Hape

Sudah beberapa hari ini, baterai hape drop sampai ke titik terendah. Di-charge 1 jam, lalu habis bis 2 jam kemudian. Beberapa bulan ini memang sudah kelihatan kembung, dan bisa di-charge 3-4 kali dalam sehari. Sesuatu yang tidak normal untuk sebuah hape nokia jadul.

Akhirnya diputuskan, baterai ini harus diganti. Segera. Rencana yang tadinya ingin membeli powerbank karena daya sering habis di tengah jalan saat keliling, harus digantikan menjadi mencari pengganti sumber daya utama terlebih dahulu. Lagipula, ada powerbank pun percuma, jika hape hanya bertahan beberapa menit menyala kemudian mati saat keadaan semakin memburuk kelak.

Namun, opsi untuk membeli baterai original Nokia, sungguh sangat berat. Bukan saja harganya yang mahal, tapi pengalaman memakai baterai belakangan yang juga keluaran ori, kok kualitasnya gak sebagus baterai bawaan saat baru dibeli. Baterai cepat panas, terutama jika dibuat internet-an, apalagi kalau dipasang di jaringan 3G. Akhirnya, yang dulunya bisa tahan seharian penuh dengan pemakaian maksimal, atau bahkan 2 hari dalam posisi stand by, kini harus diisi kembali dayanya hingga 3x dalam sehari.

Pilihan pun jatuh ke KW alias bukan ori. Sempat ragu, karena ada kabar bisa membuat hape rusak. Tapi, seorang teman berpendapat, kalau hapenya hape mahal, sebaiknya pakai yang ori. Kalau hape murah, yang KW aja. Saya tertawa saat mendengar opininya. Walau dalam hati membenarkan juga. Yah, kalau pun nanti rusak (walau tetap berharap jangan sampai), mungkin bisa jadi alasan bagi saya untuk ‘akhirnya’ meng-upgrade gadget. :p

Setelah mencari tahu di internet, membaca beberapa testimoni, akhirnya menjatuhkan pilihan ke merek DSBC. Harganya memang lebih mahal dari KW-KW lainnya, tapi kabarnya kualitasnya bahkan melebihi yang ori. Bodinya juga lebih tebal, double protection, dengan kapasitas yang lebih besar. Jadi, harapannya baterai lebih tahan lama dan awet.

Alasan kenapa harganya lebih murah dari ori padahal katanya kualitasnya lebih bagus, adalah karena baterai ini 100% asli buatan Indonesia. Yap, pabriknya memang di Boyolali, Solo-Jawa Tengah.

Saya pun memberanikan diri untuk membelinya via online. Gak berani lewat toko hape, karena kabarnya baterai ini ada yang palsu juga. Hebat bener, ya. Baru tau kalau yang dibajak bukan hanya yang made in luar negeri aja, tapi juga yang asli Indonesia. Mungkin karena produk ini sudah punya nama, apalagi pernah mendapat penghargaan dari salah satu majalah seluler dan berhasil lolos standar ISO.

Saya memesannya 3 hari yang lalu. Respon toko online-nya sungguh cepat. Selang beberapa menit saya sms, mereka langsung menanggapinya.

Uang saya kirim sebelum jam 3 sore, karena jika dikirim sebelum jam itu, barang akan dikirim hari itu juga. Sekitar jam 5 sore, saya dikirimi sms no resi pengiriman via JNE. Jadi benar, barang yang saya pesan telah dikirim hari itu juga.

Dua hari kemudian, yaitu kemarin, pesanan saya pun tiba.

DSBC_01 (2)

Persis seperti contoh gambar yang beredar di internet. Saya membeli yang kualitas platinum, dengan kapasitas 1800 mAh, lebih besar dari yang ori 1500 mAh. Kata Bapak, yang memang mengerti ilmu listrik, itu pertanda bagus. Lebih awet dan tahan lama.

Setelah segel dibuka dan baterai dipasang di hape Nokia E63 milik saya, saya men-charge-nya selama 3 jam dalam kondisi off sesuai dengan anjuran yang tertera di bungkusnya.

Saya baru memilikinya sehari semalam hingga sekarang. Masih ada waktu panjang untuk membuktikan semua klaim yang beredar atas baterai ini. Tapi, sudah 18 jam sejak saya terakhir men-charge-nya, dan saya belum perlu mengisi dayanya kembali. Padahal, saya sengaja memaksimalkan pemakaiannya hari ini. Menyalakan mp3, browsing, whatsapp-an, membuka open office untuk menulis tulisan ini sembari menunggu tagihan, dan bar yang menandakan ketersediaan daya masih ada 2 dari 7 bar jika baterai terisi penuh. Sepertinya, hanya perlu mengisi dayanya sekali dalam sehari jika keadaan ini berlanjut terus. Mantap. :D

17 thoughts on “Baterai Hape

    1. tab ktnya emang nyedot daya bngt ya, win? gak prnh punya, jd gak ada pengalaman jg. hape saya skrg mah masih nokia jadul yg memang cuma perlu di-charge sekali sehari dlm keadaan normal. kalo lbh dari itu, berarti ada yg salah dgn hape-nya. hehe

    1. Batere DSBC ada 2 jenis. Yg item itu yg kualitasnya sama dgn aslinya. Yg putih itu yg premium, lbh baik dari aslinya krn ada 2 protection. Gitu sih kata iklannya hehe :D

    1. Sama2. :) Baterei-nya memang bagus, kok. Sampe sekarang tetap awet dan baik. Terus jaga kualitasnya ya, gan. Sukses terus buat dsbc! :D

  1. kmrin bli d toko online mna mba? mhon infonya. sms k nmr saya y, 0878 0696 3742. mw gnti bterai e63 jg nh. mksh

  2. Saya pake dsbc yang warna hitam bp-4l untuk nokia e71 tapi aneh nya di pakai ga di Pakai alias stanby ttp habis nya 7 jam dari 100% ke mati sendiri…apa batre nya kw ya?

Tinggalkan Balasan

