Diary · Foto · Postingan GaJe

November… berr?

Orang Jawa punya istilah-istilah menarik untuk menggambarkan musim hujan dalam setahun. Istilah-istilah ini menjadi menarik tatkala dikaitkan dengan nama-nama bulan itu sendiri. Misalnya, Januari = Hujan sehari-hari, untuk menggambarkan hujan yang turun setiap hari di bulan Januari. Maret = Mak Reett, untuk hujan yang turun deras seketika namun sebentar di bulan Maret. Dan, April = hujannya pril… pril…, karena hujan hanya turun rintik-rintik saja di bulan itu. Sedangkan, menurut mereka, bulan-bulan akhir tahun dinamakan September, Oktober, November, dan Desember, karena hujan lebat terjadi di bulan-bulan itu. Berrr… itu suaranya seperti hujan yang turun deras, kan?

Tapi, agaknya istilah-istilah itu sudah tidak tepat lagi sekarang. Entah karena pemanasan global, perubahan iklim, atau apa, hingga bulan ini, hujan seperti enggan turun. Hari masih saja panas luar biasa seperti di puncak musim kemarau. Suhu bisa mencapai 38 derajat celcius saat siang hari. Sangat menyiksa bagi seseorang yang pekerjaannya banyak di jalan seperti saya. *terpanggang*

Dan, setelah ditunggu sekian lama, akhirnya hujan turun kemarin. Hanya sebentar saat dini hari, dan kembali panas terik saat siangnya, tapi rasanya tetap menyenangkan saat melihat titik-titik air menggantung di permukaan daun. Semoga hujan akan kembali turun di lain waktu :).

DSC_0199(1)KSuka dengan butiran air yang membulat di dedaunan kering ini!

DSC_0207(BW)KJejak hujan in monochrome

DSC_0212(1)KButiran hujan yang menggantung di ujung daun.

PS: saya mengubah background blog ini menjadi berwarna putih karena sebenarnya sebagian besar postingan di sini adalah tulisan. Tapi sejujurnya, background hitam sangat sesuai untuk gambar. Setelah melalui dilema berkepanjangan (ciee…), akhirnya saya memutuskan untuk meniru gaya blog fotografer favorit saya, background putih dengan foto yang dibingkai hitam. Hihi… iya, saya ngaku :p.

3 thoughts on “November… berr?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s