Diary · Foto

I Won!

I won! :D

1235884_10201192532206922_1598942790_nSudah beberapa bulan belakangan, saya aktif di sebuah grup fotografer di Facebook. Grup itu khusus bagi fotografer-fotografer pemula, seperti saya. Iya, saya memang masih pemula. Meski meminati fotografi sejak saya SMP, tapi saya baru memiliki DSLR selama 2 tahun. Itu pun, baru setahun belakangan saya mendalaminya. Sebelumnya, kamera Nikon D3100 milik saya itu hanya menganggur di dalam lemari, dan hanya dikeluarkan beberapa bulan sekali.

Saya senang bergabung dengan grup tersebut. Selama ini saya sudah masuk ke banyak grup fotografi di Facebook, dan terus terang, grup ini yang paling sering saya kunjungi. Bukan apa-apa, namun saya merasakan, sebagai newbie saya ingin banyak lagi belajar tentang fotografi. Tapi, di grup-grup dimana banyak para master di bidang ini bernaung, saya jarang mendapat masukan saat posting foto. Padahal, itu yang paling saya harapkan, mendapat tambahan ilmu agar karya saya bisa menjadi lebih baik. Mungkin di kalangan para fotografer pro berlaku ketentuan tidak tertulis, ‘Sesama master dilarang saling menggurui’ kali, ya. Takut kualat ntar. Hehehe…

Nah, di grup ini kita banyak berbagi tentang tips-tips di bidang fotografi. Mulai dari hal dasar seperti segitiga exposure, sampai berbagi karya dan nantinya akan dikritik (mereka bilang, diberi keripik pedas. Padahal, nyata-nyata gak ada yang jualan keripik di sana. :p). Jangan khawatir atau berkecil hati. Terimalah kritik-kritik tersebut dengan lapang dada. Ambil kritikan positif-nya, karena toh mereka tidak bermaksud buruk apapun dan hanya ingin membantu sesama member agar bisa menghasilkan karya lebih baik lagi ke depannya. :)

Setiap bulan, grup ini mengadakan kompetisi kecil-kecilan. Ada tema yang ditentukan, dan anggota yang berminat mengikuti harus mengunggah fotonya sesuai tema dalam album yang telah disediakan, dalam waktu yang telah ditentukan. Waktu upload setiap tanggal 23 hingga tanggal 13 bulan berikutnya. Nominasi ditentukan dari like terbanyak, dan pemenang ditentukan oleh para admin.

Sudah 2 bulan kompetisi ini diadakan, dan tema bulan kemarin adalah landscape. Sebagai penggemar fotografi lansekap, saya merasa harus mengikutinya. Setidaknya, saya harus tahu apakah kegiatan bangun-pagi-buta-menunggu-matahari-terbit atau nongkrong-di-pantai-saban-senja itu membuahkan hasil atau tidak. Saya memposting di waktu yang lumayan mepet dengan batas waktu upload. Gak yakin menang, sebenarnya. Saya minder (penyakit ini -_-“). Bagaimana pun, saya merasa karya saya masih belum terlalu bagus. Saya gak pernah menang lomba fotografi apapun sebelumnya. But, this got to be started from somewhere, right?

Tanggal 23 kemarin adalah pengumumannya, dan… saya menang! :D Pengumumannya saat menjelang tengah malam di sini, dan pastinya saya sudah tidur. But really, it was such a nice surprise when I woke up in the morning and saw it. :D

Hadiahnya adalah, foto pemenang dipasangi badge ‘Foto Pemula Award’, dan… sebuah hadiah yang gak bisa saya sebutkan. Takut merusak kesenangan. Hahaha… Namun yang pasti, yang paling menyenangkan buat saya adalah saya merasa karya saya dihargai dan diapresiasi. Saya benar-benar berterima kasih untuk itu. Rasanya, semangat untuk menekuni hobi ini jadi semakin meletup-letup.

Terima kasih, Grup Fotografer Pemula atas award-nya. Semoga bisa menjadi pemecut bagi saya untuk menghasilkan karya lebih baik lagi. ^___^

Tinggalkan Balasan

