Diary · Foto · Traveling

Jalan Tol Bali Mandara

Akhirnya, hari ini bisa merasakan jalan tol Bali Mandara. Jalan tol yang digadang-gadang sebagai jalan tol terindah ini resmi diresmikan Bapak Presiden kemarin, 23 September 2013. Dan, selama seminggu, mulai hari ini hingga tanggal 30 September, gratis untuk publik.

Menggunakan aji mumpung gratis, saya pun hari ini bisa merasakan nikmatnya jalan di atas laut. Kebetulan, hari ini rute keliling saya adalah daerah Sanur dan Seminyak. Dari rumah saya di Nusa Dua, saya berangkat dan memasuki gerbang tol Nusa Dua. Saya sudah bertekad untuk mengambil rute terjauh tol ini, yaitu sampai di Benoa.

Saat memasuki jalanan tol, saya hanya bisa ber-woah panjang. Benar-benar indah! :D Walau saat itu hari masih pagi dan laut surut, namun ada ketenangan di sisi kiri saya. Burung camar dan belibis yang terbang rendah mencari ikan, nelayan yang berjalan hingga tengah laut untuk menebar jala, perahu yang ditambatkan di kejauhan, langit jernih dengan awan berarak… speechless!

Memasuki wilayah Benoa, lain lagi ceritanya. Kapal-kapal besar penangkap ikan terlihat ditambat berjejer dekat pabrik pengalengan ikan. Untungnya kecepatan maksimal yang diperbolehkan bagi motor adalah 45km/jam. Jadi, saya punya alasan untuk sedikit memperlambat laju motor dan menikmati pemandangan sepuasnya. Kecepatan rendah pun terasa lebih aman, karena hembusan angin cukup kencang disebabkan tol ini melintasi lautan.

Saat pulang pun demikian. Karena saya pulang dari arah Seminyak, saya masuk dari gerbang tol Ngurah Rai dan akan keluar di gerbang Nusa Dua.

Perjalanan pulang rupanya lebih menakjubkan dari saat berangkat. Laut yang mulai pasang, berwarna biru-kehijauan memanjakan mata. Riak laut pun terlihat sepanjang perjalanan, membuat saya berpikir jika saat itu saya sedang mengapung di atas laut.

Sayangnya, tidak ada foto yang bisa saya ambil di kedua waktu itu. Larangan berhenti ada dimana-mana. Saya mengerti sih, larangan itu dibuat untuk menjamin keselamatan dan kenyamanan bersama.

Tapi, jangan khawatir. Sorenya, saya berkendara bersama Bapak, hanya sekedar berjalan-jalan merasakan sore di atas jalan tol. Nusa Dua-Ngurah Rai-Nusa Dua. Saya di belakang memotret, Bapak di depan menyetir motor. Dan, inilah pemandangan dari atas jalan tol Bali Mandara saat sunset.

Menuju gerbang tol Nusa Dua
Menuju gerbang tol Nusa Dua

Ternyata, yang memanfaatkan aji mumpung gratis bukan hanya saya seorang.

Antrianne Poll!
Antrianne Poll!

Sunset… Sunset… dan Sunset…

Tol_035

Birds flying...

Tol_047Pesawat Melintas

Tol_048

10 thoughts on “Jalan Tol Bali Mandara

    1. Nyoba lah mas, kalo pas pergi ke Bali. Nanti kalo sdh bayar, tarif utk motor 4000, mobil biasa 10.000. Walau bayar segitu, tp pengalamannya layak kok. Jgn ngebut2 aja, biar bisa menikmati pemandangan. Hehehe :)

  1. Jarak dari Pelabuhan Bakauheni ke Pelabuhan Merak adalah sekitar 33.6 km. biaya investasi jalan tol Nusa Dua-Ngurah Rai-Benoa sekitar Rp. 2,4 triliun sekitar 12,7 km dari Nusa Dua melewati Ngurah Rai dan berakhir di Benoa. Seandainya Pemerintah membangun Jalan tol Bakauheni ke pelabuhan merak, maka kesejahteraan rakyat Indonesia semakin baik, apakah pemerintah takut akan membunuh PT. ASDP Indonesia Ferry (Persero) Negara ini memelihara masalah, untuk memperoleh laba/keuntungan. Apakah tidak semestinya Ferry di pelabuhan Bakauheni dialihkan ke wilayah Indonesia bagian timur, pasti rakyat Indonesia akan sangat berterima kasih, ingat pemilu 2014 jangan salah pilih, atau ditipu 5 tahun lagi^^

    1. Saya gak terlalu ngeh politik, Mas dan tergolong apatis dengan semua tokoh politik saat ini. Walau, saya juga punya harapan yang sama untuk Indonesia yang lebih baik. :)

Tinggalkan Balasan

