Diary · Traveling

Jogja! (Part 2)

Part 1 dapat dibaca di sini…

Turun dari bus, yang kami cari pertama kali adalah kamar mandi. Berhubung tempatnya bersih, kami pun memutuskan mandi sekalian, menghilangkan penat dan ketegangan semalam.

Terminal masih sepi. Beberapa tukang becak mendatangi kami dan menawarkan jasanya, mulai dari mengantarkan hingga pusat kota (baca: pusat belanja di Jalan Malioboro), sampai mencarikan penginapan. Kami menolak halus dan mengatakan hendak mencari sarapan dulu. Kami tidak bohong, perut memang sudah keroncongan semenjak tadi. Pilihan kuliner pun jatuh di warung-warung yang ada di terminal. Murah, dekat, dan harganya terjangkau pula.

Sesuai itinerary yang saya buat sejak dari Bali, tujuan pertama kami adalah Candi Borobudur. Setelah bertanya dengan beberapa orang sekitar, kami pun ditunjukkan jalur bus yang akan berangkat ke arah Borobudur. Setengah jam menunggu, bus yang dinanti pun tiba.

Busnya bus kota biasa (bukan trans) dengan tempat duduk yang rompal di sana-sini. Tarifnya 15 ribu untuk sampai ke Borobudur. Saya duduk di dekat pintu depan. Keneknya ada dua. Aneh, menurut saya. Namun ternyata, mereka punya peran masing-masing yang sangat penting dalam ‘keselamatan’ bus.

Saat bus berjalan menembus jalanan Jogja, saya baru tahu kalau supirnya bermental sama dengan supir bus semalam: pembalap. Duh, belum reda shock akibat bus yang ugal-ugalan semalam, ini ditambah lagi dengan supir bus yang mengemudikan busnya bagai roller-coaster gak ada remnya. >.<

Dua orang kenek yang berdiri di masing-masing pintu ternyata selain membantu penumpang naik-turun bus, mereka adalah mata dan lampu sein bagi sang supir. Jika akan berbelok, sang kenek akan melambaikan tangan memerintahkan kendaraan lain memberi jalan. Jika bus terlalu mepet atau hendak ‘menyenggol’ kendaraan lain, mereka akan berteriak memperingatkan. Si supir? hanya berkonsentrasi ke arah depan dan tak pernah bersusah payah menginjak rem bahkan saat berbelok. Rem hanya diinjak jika penumpang hendak naik atau turun. Habis betul jantung saya! >.<

Setelah kira-kira nyaris sejam, kami pun sampai di terminal dekat candi Borobudur. Karena tidak tahu kalau terminal itu dekat sekali dengan candi, kami ‘tertipu’ dengan bujukan tukang becak motor yang menawarkan jasanya untuk mengantarkan kami ke sana. Tapi, sisi baiknya adalah, berkat dia juga kami bisa mendapat penginapan seharga 150 ribu semalam untuk berdua. Penginapannya bersih, dan ada wifi-nya pula. Itu yang terpenting jaman sekarang, kayaknya. Wifi gratis!  :D

Setelah menaruh tas di penginapan, kami pergi ke candi Borobudur dengan berjalan kaki. Penginapan ini walau agak masuk ke perkampungan, tapi sangat dekat dengan lokasi candi.

Hari sudah beranjak siang saat kami masuk ke lokasi candi. Setelah membayar karcis masuk (saya lupa berapa >.<), mengenakan kain yang disediakan oleh pihak pengelola, saya terkesiap melihat ramainya pengunjung. Ternyata, long weekend saat itu benar-benar dimanfaatkan wisatawan untuk berkunjung ke Jogja. Antrian bus rombongan dari berbagai daerah juga terlihat mengular di parkiran.

Gilee... rame bener O.o
Gilee… rame bener O.o
Ramainya pengunjung di areal candi.
Ramainya pengunjung di areal candi.
Relief candi
Relief candi
Stupa Budha
Stupa Budha
Lansekap yang membuat kita menahan nafas
Lansekap yang membuat kita menahan nafas
Spot sejuta umat!
Spot sejuta umat!

Anyway, ternyata keputusan menginap di areal Borobudur adalah salah. Daerah sekitar sana layaknya kota mati saat malam menjelang. Semua toko tutup dan kami nyaris tidak bisa makan malam. Untung masih ada satu warung yang buka. T__T

Bersambung…

Next: Candi Pawon dan Candi Mendut!

One thought on “Jogja! (Part 2)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s