Menulis

Reader di WordPress

Yang punya akun WordPress sudah memanfaatkan fungsi Reader, belum? Kalau anda suka blogwalking, sungguh rugi jika tidak menggunakan fitur ini. Bagaimana tidak? Fungsi ini menjadikan pengalaman blogwalking anda lebih mudah dan dijamin tak ada satu pun posting terbaru dari blog-blog yang paling sering anda kunjungi menjadi terlewatkan.

Dulu, saat baru masuk ke WordPress, tentunya kita akan langsung terhubung dengan Freshly Pressed. Namun, kini kita otomatis akan masuk ke fitur-fitur yang WordPress sediakan untuk pengguna, Reader adalah yang pertama.

Pada dasarnya, saat kita follow blog-blog yang juga menggunakan WordPress, otomatis blog-blog itu akan masuk dalam daftar Reader. Namun, kita juga bisa melakukan subscribe pada blog-blog non-Wordpress dengan cara menambahkan alamat situs blog tersebut di daftar Reader.

Reader
Klik ‘Edit’ di Blog I Follow untuk menambah/mengurangi daftar Reader secara manual

Kelebihan Reader:

1. Kita bisa mengetahui posting terbaru dari blog tersebut tanpa mengunjungi blog itu. Reader secara otomatis akan mengecek apakah ada postingan terbaru atau tidak dari blog-blog yang ada di dalam daftar. Jadi, tidak ada lagi rasa kecewa saat menengok blog yang biasa kita kunjungi dan tidak mendapatkan postingan terbaru. Juga, tidak ada lagi postingan yang terlewat dan tidak kita tahu.

2. No more bookmark. Tidak perlu lagi repot-repot mencentang bookmark untuk blog-blog yang sering kita kunjungi. Semua terangkum di daftar Reader.

3. Membuka di tab baru. Saat kita meng-klik satu postingan, ia otomatis akan terbuka di tab baru, sehingga tidak perlu kehilangan daftar Reader dan harus menekan tombol ‘back‘ atau klik kanan untuk membuka postingan di tab baru.

Perlu diingat, kalau tidak semua blog dapat kita feed postingan terbarunya segera. Untuk itu, perlu dilihat keterangan di bawah blog-blog yang ada di daftar Reader kita.

Reader 2 Jika terdapat tulisan “You get no instant post”, anda bisa mengubahnya dengan meng-klik edit yang ada di tiap-tiap nama blog. Dari sana, akan ada pilihan-pilihan bagaimana anda mau mengatur Reader mencari postingan terbaru, apakah ‘Instantly’, ‘Daily’, ‘Weekly’, atau anda tidak ingin Reader secara otomatis membacanya. Anda bisa meng-klik opsi ‘Off’ untuk itu. Hal demikian berlaku juga untuk komentar.

Praktis, praktis, praktis… Itulah WordPress kini. Dulu saya jarang sekali mendapatkan update terbaru dari pihak pengelola. Namun sekarang setiap beberapa kali seminggu, ada saja update yang mereka berikan. Mulai dari tips-tips blogging, pemberitahuan fitur-fitur atau tema terbaru, sampai secara aktif memberi ide saat kita tidak tahu apa yang akan ditulis di blog melalui Daily Post

Pengalaman blogging tidak pernah sepuas ini. Blogging tidak hanya tentang memperindah tampilan blog, tapi juga meningkatkan kualitas konten blog dan mengembangkannya. Love it! :D

12 thoughts on “Reader di WordPress

  1. kakak, saya mau tanya karena kakak lebih senior dari saya dlam hal bloging di wp ^^

    sudah seminggu ini aku ga bisa akses reader, stats ma freshly press dari wp-qu,,awal’a ga t’lalu kehilangan krn akhir2 ni tugas ma kerjaan menumpuk tp disatu sisi ketika sedang jenuh aku pengen baca2 postingan blog yg ku ikuti :(
    punya solusi’a yar aku bisa akses reader lagi??

      1. klo diblok ciri2’a gitu ya kak? duh padahal aq ga pernah macem2 kok ^^
        aq lum coba clear coz lepyqu td siank dibawa bokap, ni lg pake lepy kantor ^^ mau maen clear ja tkut da yg nyariin

      2. Kalau lain laptop tp masih satu line, ada kemungkinan memang di-blok sama IT-nya. Coba dibuka di jaringan lain dengan laptop-mu sendiri. Kalau bisa, berarti jaringan kantor-mu memang di-blok. Kalau tetep gak bisa, mungkin dari laptop-mu sendiri. Kalau memang dari laptop sendiri, coba di-clear dulu history-nya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s