Diary · Foto · Postingan GaJe

Sensor, Oh Sensor…

Jangan ngeres dulu saat baca judulnya, yah. Ini bukan sensor yang ‘tiiitt…’ itu. Ini sensor kamera DSLR. Maap, membuat pembaca yang berpikiran ‘lain’ kecewa. :P

Akhirnya kamera DSLR saya dibawa ke tukang servis kamera juga tadi siang.  Gak rusak sih sebenarnya, cuma sensornya aja yang kotor. Gak kotor2 amat sih, cuman satu debunya, tapi Masya Allah gedhe banget! Gak tahu gimana bisa masuk sampai sana. Err… buat yang gak ngerti-ngerti banget sama kamera DSLR, saya contohin lewat gambar aja, deh.

Noda 1

 

Kalau kurang jelas, ini satu lagi:

Noda 2

Yang saya buletin merah itu tuh debunya. Gede, kan? Sebenarnya, sensor kotor itu biasa apalagi kalo sering ganti lensa (Masalahnya saya gak pernah ganti lensa karena saya hanya punya satu lensa bawaan dari kameranya itu). Biasanya, bisa diakali dengan merendahkan aperture/bukaan diafragma-nya jadi bayangan debunya mengabur. .  Tapi, debu di sensor kamera saya ini cukup besar sehingga dibuka sampe di bawah f/5 aja masih kelihatan, malah makin melebar. Huhu… *nangis sambil garuk2 tembok*

Temen dulu ngasih saran buat pake clone stamp di Photoshop sih. It actually worked, kalo pas nodanya kena gambar yang flat macam langit atau laut atau awan. Tapi, kalau berwarna-warni dan berkontur, saya masih garuk2 tembok lagi saking stres-nya. Gimana mau di-clone kalau gak ada gambar yang serupa di sekitarnya? :( Hilang sudah momen berharga yang saya abadikan. Gara-gara debu setitik, rusak foto satu memory card. Jiaahh…

Jadi, setelah nonton beberapa video di youtube tentang cara membersihkan sensor kamera, saya… tetap tidak berani membersihkannya sendirian. Sensor, bok. Rusak sekali, butuh berjuta-juta memperbaikinya. Mending beli kamera baru, katanya. Walau begitu, tetep aja keder buat servis. Soalnya, liat-liat alatnya di internet aja kabarnya mencapai dua ratus ribuan walau hanya berupa stik-kapas-sekali-pakai. Iya, saudara-saudara. Sekali usap en sekali pakai itu dua ratus ribuan.

Namun, kali ini bener2 gak bisa ditunda lagi. Bulan ini saya ada momen penting banget. Dimintai tolong sama adik sepupu kesayangan buat bantuin motoin pernikahannya akhir Mei ini. Walau saya terharu karena dipercaya, tapi saya gak mau ngerusak kepercayaannya dengan menambah satu tahi lalat di wajahnya nanti. Atau, satu tompel kalo saya pake bukaan diafragma lebar. Ih!
Daann… akhirnya hari ini saya memberanikan diri ke tempat servis kamera. Biayanya ya memang dua ratus ribu pas. Tapi, udah bersih aja dong :D. Lega banget rasanya, walau dompet saya ikutan lega karena tiba-tiba jadi banyak ruang kosong di dalamnya. Haha…

PS: Belum ada contoh setelah sensor dibersihkan, jadi mohon maklum kalo gak ada pembandingnya, ya. :D

15 thoughts on “Sensor, Oh Sensor…

  1. Hahaha.. alhamdulillah. Lucu juga endingnya. Yang penting acaranya Dik Ratih gak pake nambah tahi lalat apalagi tompel.

  2. sama donk, kamera kantorku jg gitu mba. ada sensornya, walau ngga sejelas sensor kameramu.
    sebelnya sih pas foto buat katalog, viewnya udah bangus eh pas diliat lagi… ada tompelnya… *garuk aspal*

    1. Kalo kecil, bisa diakalin dgn memperlebar bukaan diafragma-nya, Nik. Di bawah f/5 biasanya udah gak keliatan. Tapi, kalo udah terlanjur jadi foto, ‘dihapus’ aja pake clone stamp di photoshop (yang ada simbol plester itu). Masalahnya, noda itu gak keliatan sama sekali waktu kita ngelirik di viewfinder waktu mau ambil foto, dan baru keliatan setelah dijepret.

      1. Hahaha jgn marah, mas. Emang besar ya, debunya?
        Dibersihin aja. Keluar uang 200 rb tp hasilnya memuaskan bngt. Kalo kamera saya, malah jdnya lbh bagus dr waktu baru beli. Kayaknya waktu beli pun, sensornya udah gak terlalu bersih lg (mungkin penyimpanannya). Hasilnya skrg bening banget. :D

Tinggalkan Balasan

