Foto

Memotret dengan Kamera Hape 2

Saya pernah membuat posting bertema sama sekitar tahun 2010. Namun, sepertinya saya perlu menulis tentang ini lebih sering lagi, karena ternyata setelah di-eksplorasi lebih dalam, tema ini sungguh menarik =)

Jadi, gara-garanya adalah saya menonton video ini di youtube:

Isi video itu adalah tentang para fotografer profesional yang diberi tantangan untuk membuat foto-foto menarik dengan kamera ‘seadanya’. Kebetulan, di episode itu adalah dengan kamera hape.

Menarik sekali, karena tentu saja kita tahu sendiri keterbatasan dari sebuah kamera hape, terutama keluaran lama. Nah, saya sendiri punya beberapa koleksi foto yang saya ambil dengan Nokia E63 milik pribadi. Dengan lensa hanya 2MP, inilah beberapa gambar itu:

Candi Bentar di Pura Tirta Empul, Tampak Siring - Gianyar
Kolam Bersuci di Pura Tirta Empul
Penari Bali di Garuda Wisnu Kencana

Dari beberapa pengalaman, saya merasakan keterbatasan kemampuan dari kamera hape ini. Misalnya setelah diperbesar di komputer, gambarnya menjadi blur. Atau, warnanya yang kurang keluar.

Untuk mengatasinya, hanya satu cara. Photoshop! :lol:  Atau, mungkin versi yang lebih mudah, bisa dengan memakai Photoscape. :)

Ketiganya saya pertajam dengan fitur ‘sharpened’. Foto pertama saya beri blur dan frame. Foto kedua, saya tambahkan efek ‘sephia’. Dan, di foto ketiga saya beri efek ‘film’ sedikit (perubahannya gak banyak, hanya menjadi sedikit biru. Namun, itu justru membuat warna lainnya semakin keluar’).

Kayaknya curang, ya. Tapi, itulah cara untuk menutupi kekurangan dari alat yang kamu punya. Dan, lihat sendiri hasilnya. Lumayan, kan? ^^

2 thoughts on “Memotret dengan Kamera Hape 2

Tinggalkan Balasan

