Diary

Dirgahayu RI ke-66

Mungkin tidak banyak yang sadar tentang hal ini. Tapi, tepat 66 tahun lalu saat Presiden Soekarno membacakan proklamasi kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus 1945, adalah bertepatan dengan tanggal 17 Ramadhan dalam penanggalan Hijriah.

Begitu pula yang terjadi pada hari ini. 17 Agustus 2011 bertepatan dengan tanggal 17 Ramadhan. Bukan hanya itu, kondisi ini pun persis sama dengan yang terjadi 66 tahun yang lalu, yaitu di tengah bulan puasa dan pada hari Jum’at. :)

Bagi saya pribadi, makna hari kemerdekaan tahun ini tentu menjadi berbeda dengan kenyataan tersebut. Jika diibaratkan berjalan di jalur berbentuk lingkaran, kita telah menjalani 360 derajat penuh dari track itu. Tentunya, kita berharap telah mencapai banyak hal saat kita kembali ke titik awal, tempat kita berefleksi. Namun nyatanya, saat ini saya sungguh sedih melihat keadaan bangsa. Korupsi merajalela, penegakan hukum diselewengkan, ekonomi carut-marut (terasa sekali bagi yang wirausaha seperti saya). Sigh…

Meski begitu, saya tidak mau hanya mengeluh begitu saja. Walau tidak bisa mengubah kebijakan pemerintah, atau ekonomi secara nasional, seperti biasa yang bisa saya lakukan hanya mengerahkan segenap kemampuan untuk memajukan usaha. Harapannya, dengan begitu orang-orang yang bergantung kehidupannya di sini (karyawan dan supplier) ikut terbantu dengan jalannya usaha ini. “Tapi, tolong Pak Presiden, buatlah kebijakan yang meringankan pengusaha kecil dan menengah seperti kami”. Sigh… pada akhirnya, campur tangan pemerintah tetaplah dibutuhkan.

Baiklah, sebelum saya mulai mengeluh lebih banyak tentang sulitnya usaha belakangan ini, sebaiknya saya segera mengakhiri tulisan ini.
Dirgahayu RI ke-66. Jayalah Indonesia-ku!! (diucapkan dengan sepenuh hati disertai air mata yang berlinang penuh keprihatinan)

2 thoughts on “Dirgahayu RI ke-66

Tinggalkan Balasan

