Diary

Dilema

Sepertinya bulan Mei ini akan jadi bulan yang sibuk dan penuh kejutan. Di awal bulan saja, tiba-tiba bagian penagihan perusahaan harus keluar karena satu dan lain hal. Sepeninggalnya, tentu saja saya yang harus mengambil alih pekerjaannya. Apalagi, kami akhirnya memutuskan untuk tidak mengambil pegawai lagi. Orderan yang belakangan memang agak sepi, mengharuskan perusahaan mengetatkan pengeluaran untuk mengurangi biaya operasional. Jadi, resmilah mulai hari ini saya berperan ganda, eh triple, eh… yah, pokoknya semakin banyak kerjaanlah. :p

Saat tubuh ini masih pemanasan untuk capek keliling lagi, tiba-tiba dapat kabar dari iSUBS. Mereka ternyata membuka lamaran untuk menjadi moderator, posisi yang sebenarnya sedari dulu ingin saya jajaki. Secara sebenarnya selama ini saya gak enak kalau terus menerus melayani pertanyaan orang-orang di facebook page iSUBS. Saya merasa telah melanggar kewenangan para moderator di sana.

Lha, tapi kok keterusan menjawabnya? Yah, habisnya saya merasa kasihan. Saya berusaha memposisikan diri sebagai orang-orang itu. Mereka pastilah para newbies. Setelah mencari info kesana-kemari, dan mungkin tersesat di beberapa situs yang mendompleng nama iSUBS, akhirnya mereka sampai di si pembuat subbing yang asli. Clueless, gak tahu harus bertanya atau mencari jawaban dimana, tanpa sadar mereka mengulang pertanyaan-pertanyaan mendasar, seperti: ‘Gimana caranya download video dari iSUBS?’, ‘Dimana download link-nya?’, ‘Apa password-nya?’, dan sebagainya. Pertanyaan yang mungkin terasa annoying jika terus menerus didengar. But basically, they just clueless.

Pasti terasa sangat menyenangkan kalau ada yang menjawab pertanyaan-pertanyaan itu dengan baik dan lembut. Walau mungkin tanggapannya hanya berupa, ‘Please read faqs and tutorial on iSUBS site to see further information about how to become a member or how to download’. Plus, dikasih ikon smile. Mereka tentu merasa diperhatikan dan dihargai.

Daripada, sudah gak tahu apa-apa, bertanya baik-baik, eh malah disemprot sebagai balasan jawabannya (yang ini bukan dilakukan oleh iSUBS moderator sih, hanya beberapa member yang merasa terganggu oleh pertanyaan-pertanyaan itu). Saya rasa itu malah menjadi perseden buruk bagi iSUBS.

Terus terang, saya dulu pernah berada di pihak para clueless newbies. Saya gak pernah gabung di forum manapun, atau download variety show jenis apapun. Saya gabung jadi member iSUBS dengan pengetahuan nol besar tentang semua itu. Untungnya, saya punya abang yang baik hati, yang mau diganggu lewat chatting oleh adiknya yang gaptek ini. Dia mengajari saya dengan sabar step by step untuk mendownload, jenis-jenis file, dan link-link program yang perlu saya instal. Langkah-langkah yang ternyata belakangan saya tahu telah tertulis lengkap di faqs and tutorial. *sigh*

Saya membayangkan bagaimana jadinya kalau saya tidak punya abang yang gape di bidang komputer? Mungkin saya-lah yang akan mengajukan pertanyaan ‘annoying’ itu. Jadi, anggap saja saat ini saya sedang paying forward atas pengetahuan yang diberikan abang saya itu.

Tapi, saya berusaha gak sembarangan memberikan jawaban, kok. Saya baca peraturan dan tutorial iSUBS berulang kali agar benar-benar memahaminya (saya harap dengan kemampuan bahasa Inggris yang pas-pasan ini, saya memang benar-benar memahaminya dengan baik). Namun, mungkin kesalahan saya cuma satu. Saya melampaui kewenangan saya sebagai member. Karena itulah, saya ingin sekali melamar agar bisa menjadi moderator. Paling tidak, itu membuat yang saya lakukan selama ini menjadi legal dan sah.

Tapi, kini saya sedang berada dalam dilema. Seperti yang saya sebutkan sebelumnya kalau saat ini tanggung jawab saya di perusahaan menjadi semakin besar. Saya masih berada dalam proses adaptasi terhadap kesibukan yang semakin bertumpuk. Jika ditambah lagi menjadi moderator di iSUBS beserta segala konsekuensinya, saya gak yakin sanggup. Saya tidak ingin melalaikan salah satu dari tanggung jawab itu. Belum lagi masalah dengan koneksi internet yang luar biasa lambat. Huff… saya jadi sedih kalau memikirkan ini.

Mungkin, pada akhirnya saya akan berusaha melamar untuk posisi itu. Namun, saya akan jujur dengan kondisi saya saat ini. Syukur-syukur kalau diterima. Tapi, kalaupun gak, saya harap saya masih diperbolehkan membantu sebisa saya. Lagipula, yang saya inginkan bukan jabatan itu, kok. Saya hanya ingin memberikan kontribusi lebih di grup yang saya sayangi. (:

4 thoughts on “Dilema

  1. dari curhatan diatas, saya lihat mbak ngerti bgt cara downlod RM
    mau nanya,, downlod RM enakan pilih yg daily motion, mediafire, atau mega upload?

    1. Daily motion itu cuma buat streaming aja. Mediafire ama Mega Upload baru buat download. Tapi, berhubung sekarang MU udah almarhum, yah… pilihannya mungkin tinggal MF ama yang lainnya (spt indowebster, filesonic, dsb). Untuk lebih jelasnya, dan jawaban yang lebih cepat (karena saya gak selalu online di sini. hehe), baca aja FAQs & Tutorial di situsnya iSUBS. Semua jawaban tentang donlot ada di sana kok :)

Tinggalkan Balasan

