Diary

Pasca Pameran

Sepulang dari Jakarta, bukannya berleha-leha, setumpuk kerjaan telah menanti. Memang, selama ini sayalah yang ditugasi mengurus operasional Arya Paramita sehari-hari. Jadi, kini pekerjaan selama seminggu telah menunggu untuk diselesaikan.

Pekerjaan hari pertama diawali oleh mengumpulkan semua nota penjualan selama seminggu. Nota yang terkumpul kemudian diurut berdasarkan nomor nota. Lalu, satu persatu data penjualan di-entry ke dalam sistem. Setelah selesai, giliran pembukuan secara manual. Nota-nota itu saya masukkan ke dalam buku register penjualan lalu dibagi ke dalam bantex per customer. Urusan nota selesai.

Urusan kedua adalah kas. Fiuh, yang ini musti ekstra hati-hati karena menyangkut uang. Sebelum saya pergi, saya telah memberikan tugas kepada kolektor. Tugas itu saya bagi per hari dan saya masukkan ke dalam amplop. Selesai menagih, tagihan dimasukkan kolektor ke dalam amplop itu lagi dan diserahkan ke kantor. Jadilah, hari kedua saya habiskan membuka amplop itu satu persatu lalu menuliskan tagihan di buku kas, dan menghitung jumlah uangnya. Saya mengerjakannya sedari pagi sampai sore.

Hari ketiga, giliran mengurusi pembukuan untuk penagihan. Memasukkan datanya ke dalam sistem dan mengurangi piutang per customer baik secara manual maupun elektronik. Melakukannya tidak terlalu lama karena sebagian besar sudah saya lakukan sehari sebelumnya.

Kalau dipikir-pikir, kerjaan di sini sebenarnya tidak rumit. Hanya saja, harus ekstra teliti dalam mengerjakannya. Ketelitian inilah yang membuat dahi saya berkerut sepanjang hari. Saya jadi takut kerut saya bertambah nih… haha…

Anyway, sekarang baru terasa capeknya. Apalagi, tensi saya juga jadi ikutan drop karena kecapekan. Yah, memang seharusnya istirahat kali, ya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s