Diary

Hari Terakhir PKBL 2011

Tanggal 20 Maret kemarin adalah hari terakhir PKBL 2011. Tidak terasa, sudah lima hari kami mengadakan pameran di JCC. Pameran yang saya kira tadinya berat, ternyata menyenangkan juga. Apalagi, dari pameran kali ini saya belajar banyak trik dagang. Beberapa di antaranya:

1. Ternyata, orang cenderung membeli lebih banyak jika ada diskon.

Gak ada bedanya antara orang belanja di pasar dan pameran, ternyata. Mereka suka sekali nawar. Kami yang baru pertama kali ikut pameran dan biasanya hanya jualan ke supermarket, tidak tahu hal ini.

Pada hari terakhir, untuk menghabiskan stok, barulah kami banting harga. Plus di tambah diskon jika membeli dengan jumlah tertentu. Misalnya, harga sebuah kripik lima ribu rupiah. Kalau membeli 20 ribu, kami beri bonus satu kripik lagi. Lima kripik itu boleh lima macam asal harganya sama. Ada juga kripik yang kami jual 10 ribu per bungkus. Tapi, jika membeli 2, kami beri harga 15 ribu, dan mendapat 3 dengan membayar 20 ribu.

Asas membelinya sudah tidak berdasarkan dimakan atau tidaknya. Jadi, semua berlomba-lomba membeli 20 ribu-an agar dapat lima kripik seharga lima ribuan atau tiga kripik seharga 10 ribuan. *geleng-geleng kepala*

2. Kesal dengan pencoba tester? Jangan!

Orang-orang yang hanya mencoba tester tanpa membeli memang mengesalkan. Apalagi, kalau sampai bolak-balik mampir ke stand dan terus-terusan mencoba (niat banget!).

Ada trik untuk hal ini. Cobalah untuk menghapal orang-orang ini. Jika mereka melintas lagi, jangan menawari testernya lagi (haha!).

Lalu, untuk pengunjung yang membawa anak-anak, perhatikan tester apa yang sering mereka makan. Daripada kesal dengan kelakuan mereka, bilang saja ke orang tuanya, “Mau beli yang ini, Bu? Anaknya suka lho…”, sambil melirik si anak yang sedari tadi terus mengemil kripik itu. Anak-anak biasanya terlalu malu untuk meminta sesuatu. Kita, sebagai penjual harus membantu menyampaikan keinginan mereka pada para orang tuanya. :lol:

Huff… akhirnya, selesai juga PKBL ini. Yang tersisa kini hanya capek dan pastinya segudang pengalaman. :D

One thought on “Hari Terakhir PKBL 2011

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s