Renungan

Manajemen Hidup itu Sulit!

Kadang-kadang, rasanya pingin banget kalau waktu sehari semalam itu ditambah. Sedikiitt lagi, jangan cuma 24 jam gitu deh.

Soalnya, saya ngerasa waktu yang ada sekarang gak cukup buat apa-apa yang saya lakukan. Belum cukup istirahat, sudah harus bangun. Belum ngapa-ngapain, udah musti kerja. Kerjaan belum kelar, jam kerja udah habis. Belum lagi musti nulis (mengejar cita-cita yang lain nih ceritanya), dan ngelakuin segala macam hal lainnya.

Tapi, trus saya mikir. Sebenarnya, apa sih yang sudah saya hasilkan setiap harinya? Kerjaan kan cuma segitu-gitunya. Kegiatan juga gak seabrek-abrek. Biasa ajalah. Rutin.

Jadi, kayaknya masalahnya bukan di jumlah waktu dalam sehari kali, ya. Tapi, manajemen waktu saya yang amburadul. Duh, padahal saya dulu kuliah manajemen, tapi kok malah gak bisa nerapin di kehidupan pribadi. Jadi malu…

Karena itu saya harus berubah! *kepalkan tangan*

Berhentilah menunda.

Saya ini punya kebiasaan buruk, suka sekali menunda. “Bentar lagi… 10 menit lagi”, begitu alasan yang saya kemukakan setiap kali. Dan, 10 menit pun jadi 30 menit, kemudian jadi sejam. Pada akhirnya, saya menyesal karena telah begitu mudahnya membuang waktu percuma.

Berhentilah membenci rutinitas.

Hadeuh, saya ini pembosan kelas berat. Paling gak suka sama yang namanya rutinitas. Tapi, harus saya akui kalau melakukan hal-hal rutin dengan baik setiap harinya akan membuat saya menyelesaikan banyak hal. Dan, kalau semua selesai dengan baik, saya gak akan stres lagi, kan?

Find those little things that make me happy.

Masalah bosenan saya yang sudah kronis ini harus segera saya cari jalan keluarnya, nih. Jangan sampai emosi negatif ini jadi mengganggu semua kegiatan saya. Must do something about it. Hmm… sekarang sedang mikirin untuk belajar hal-hal baru. Hal-hal baru selalu membuat saya seperti di-charge kembali.

Fokus!

Saya ini paling sulit kalau disuruh mengerjakan satu hal dalam satu waktu. Pinginnya lari aja saking bosennya. Tapi, kalau disambi, kerjaan jadi gak cepat selesai, kan. Jadi, sepertinya harus sering latihan konsentrasi biar bisa fokus pada satu hal dalam satu waktu. Dan hey, setiap hal itu selalu punya sisi menyenangkan kan? *berusaha menghibur diri sendiri*

Disiplin

Setelah menetapkan rencana, berhenti menunda, dan bisa fokus, semua itu gak akan bertahan lama kalau saya gak disiplin, kan. Jadi, saya wajib musti kudu konsisten buat ngejalanin semuanya. Semangat!!

Perbanyak ibadah

Biar dipermudah segala urusannya dan tenang lahir-batin :)

Semoga, dengan menerapkan semua ini saya bisa jadi manusia yang lebih baik, deh.

 

“Seharusnya saat ini anda sudah menghasilkan banyak hal. BANYAK SEKALI”

 

gambar dari sini

3 thoughts on “Manajemen Hidup itu Sulit!

  1. Kadang-kadang, rasanya pingin banget kalau waktu sehari semalam itu ditambah. Sedikiitt lagi, jangan cuma 24 jam gitu deh.

    kalau mau sehari-semalam lebih dari 24 jam, bisa pindah ke bulan atau titan :D

Tinggalkan Balasan

