Renungan

Kemana Kau Ingin Pergi, Alice?

Alice: Apa kau bisa mengatakan, ke arah mana aku harus pergi?
Kucing Cheshire: Itu tergantung kemana kau ingin pergi.*

Jika kau hanya ingin menjadi kaya, kau bisa menyogok sana-sini agar proyekmu lancar. Kau bisa mengurangi timbangan agar untungmu besar. Kau bisa menyikut kanan-kiri agar kau tak punya saingan lagi. Tapi, pada akhirnya kau akan selalu gelisah, tak pernah merasa cukup dengan apa yang kau punya. Semua saingan yang berhasil kau jatuhkan akan mengutukmu, dalam hati maupun terang-terangan. Teman-temanmu palsu, manusia bertopeng yang hanya menginginkan keuntungan belaka, sama sepertimu.

Jika kau hanya mengejar ketenaran, kau akan menggunakan segala cara agar populer. Meski itu harus dengan membuat skandal. Meski itu harus menjelekkan orang lain agar kau terlihat paling baik. Namun, pada akhirnya kau akan kalah. Karena akan ada seseorang yang menggunakan cara serupa untuk mengalahkanmu.

Jika kau hanya menginginkan kecantikan, semua daya dan upaya kau kerahkan untuk mencegah usia. Semua krim itu. Semua operasi itu. Semua hal yang membuatmu merasa jika kau telah memperbaiki bagian tubuh yang kau sangka buruk. Tapi, kau takkan bisa menghentikan waktu. Karena akan datang masa saat semua itu hilang.

Dan, jika yang kau inginkan adalah kebaikan. Kau hanya perlu menjaga hatimu, lalu tingkah lakumu, lalu ucapanmu. Berusaha agar yang kau katakan dan kau lakukan selalu membawa kebaikan, untukmu dan bagi orang lain. Pada akhirnya, mungkin kau tak menjadi kaya raya, tapi kau bahagia. Mungkin kau tak muncul di layar kaca, tapi kau berada di hati setiap orang yang mengenalmu. Mungkin kau tak secantik supermodel, tapi orang-orang selalu menanti kehadiranmu.

Jadi, jalan mana yang hendak kau pilih, Alice?

*Petikan dialog di atas adalah percakapan antara Alice dan Kucing Cheshire dalam kisah Alice in Wonderland

 

One thought on “Kemana Kau Ingin Pergi, Alice?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s