Film

Running Man : TV Series

Sebenarnya, aku belum menonton seluruh episode dari variety show ini. Tapi, semenjak menontonnya pertama kali (waktu itu nonton yang episode ke-14), aku langsung jatuh cinta sama acara ini. Setelah itu, secara kontinyu aku mendownloadnya ke dalam laptopku. Saat ini aku sudah memiliki episode 6, 12, 14, 15, 16, 17, 18, 19, dan 20.

Sebenarnya acara apa sih ini?

Running Man adalah sebuah variety show dari Korea Selatan. Bukan, acara ini tidak sama dengan serial drama dari negeri ginseng itu. Program dari SBS ini adalah sebuah program dengan format baru dan belum pernah dibuat sebelumnya di negeri asalnya.

Menurut wikipedia, format acaranya telah berubah beberapa kali. Karena aku menontonnya terputus-putus, untuk lebih jelasnya mungkin bisa dibaca di sini.

Tapi, sejauh yang kutonton, dalam waktu penayangan sepanjang 70-80 menit ada tiga jenis permainan yang dilakukan. Dua permainan sebelumnya adalah kompetisi di antara member untuk mendapatkan Running Ball (atau sering kusebut dengan Bola Nyawa). Kompetisi ini bermacam-macam. Kadang berbentuk 1 VS other members, atau mencari Thief Card, menebak lagu, menyanyikan lagu dengan benar, dll.

Running Man Fix Members
Running Man Fix Members

Atas Ki-Ka: Lee Gwang Su (Framer Gwang Su), Yoo Jae Suk (Yooruce Willis), Song Jung Ki (Brain Jung Ki), Ji Suk Jin (Big Nose Hyung), Kim Jong Kook (Sparta Kook)

Bawah Ki-Ka: Song Ji Hyo (Blank Ji Hyo), Leessang Gary (Peacefull Gary), Lizzy Afterschool (Innocent Lizzy), Haha (Haroro)

 

Running Ball

Aku menyebutnya sebagai Bola Nyawa. Karena, hanya dengan bola inilah para member Running Man punya kesempatan untuk lolos dari hukuman di akhir acara. Anggota yang mendapatkan Running Ball nantinya akan diundi setelah acara berakhir. Jika namanya keluar, maka ia terhindar dari punishment. Dan, jika namanya tidak keluar, mau tidak mau ia harus menjalani hukuman. Pemain yang sama sekali tidak mendapatkan bola ini, otomatis akan langsung berhadapan dengan punishment tanpa menjalani undian terlebih dulu.

Punishment

Hukumannya gak berat, kok. Di awal-awal acara ini ditayangkan, hukumannya hanya berupa wajah yang dicoreng-moreng, lalu disuruh berjalan di tempat umum. Hukuman yang akhir-akhir ini diterapkan, adalah keharusan bagi anggota pria untuk mengenakan hot pants, dan memakai kumis-jenggot palsu bagi anggota wanita. Lalu, mereka disuruh berjalan-jalan di tempat umum.

Mungkin bagi orang biasa hukuman ini sepele. Tapi, bagi kalangan artis seperti semua peserta ini tentu hukuman seperti itu sangatlah memalukan. Karena itulah, mereka dengan segala cara dan kemampuan berusaha untuk mendapatkan Running Ball.

1 VS Other Members

Kompetisi ini adalah salah satu permainan yang paling populer dan paling sering dimainkan. Intinya, seorang member yang ditunjuk akan melawan member yang lain. Jika si member terpilih menang, maka hanya dia yang akan mendapatkan Running Ball. Dan, jika member terpilih itu kalah, maka member yang lainlah yang akan mendapatkan Bola Nyawa itu. Terkadang, member yang terpilih itu tidak tahu kalau dirinyalah yang terpilih. Justru di sinilah letak lucunya. Member yang lain harus berusaha agar Si Member Terpilih tidak tahu kalau dirinya sedang dikerjai, dan di lain pihak member lainnya harus mengalahkannya.

Hide & Seek

Ini dia puncak permainannya. Member akan dibagi menjadi dua, Mission Team dan Chasing Team. Mission Team akan diberi misi yang harus diselesaikan dalam waktu 60 menit. Namun, tentu saja misi mereka tidak akan bisa dijalankan dengan mudah, karena mereka juga harus menghindari kejaran Chasing Team. Yup, sesuai dengan namanya, Chasing Team bertugas mengejar dan menangkap para anggota Mission Team untuk mencegah penyelesaian misi.

Mission Team akan menang jika bisa menyelesaikan misi sebelum waktu 60 menit yang disediakan habis, dan Chasing Team akan menang jika bisa menangkap semua anggota Mission Team sebelum misi terselesaikan atau waktu sudah habis dan anggota Mission Team belum bisa menyelesaikan misi mereka.

Hillarious

Sekali memutuskan untuk menonton Running Man ini, aku jamin gak akan nyesel. Mungkin mendengar penjelasanku di atas, acara ini akan dikira sebuah acara yang serius. Dan itu SALAH BESAR!!.

Dari sejak awal menonton, acara ini telah sukses membuatku sakit perut karena tertawa terbahak-bahak. Air mataku pun sampai mengalir dan sesak nafas saking gak ada jeda untuk berhenti tertawa. Apalagi di episode-episode belakangan, saat chemistry di antara para member sudah terjalin kuat, mereka sudah tidak sungkan untuk saling ‘mencela’ (dalam artian lucu) di antara para anggota sendiri. Para member pun sudah memiliki jatah proporsi masing-masing (sesuai dengan karakter mereka) yang sanggup mencuri hati para pemirsa. Jadi, jika ada satu anggota saja yang berhalangan hadir (karena bentrokan jadwal), maka pemirsa akan merasa sangat kehilangan.

Nah, jika tertarik ingin menonton, jangan khawatir. Gak perlu jauh-jauh pergi ke Korsel untuk menonton acara ini. Dan, tidak perlu mengerti bahasa Korea untuk mengerti ucapan para pemainnya. Kini, ada beberapa orang yang dengan usaha keras telah menerjemahkannya ke bahasa Inggris untuk para penggemar Running Man. Big Thanks to ISUBS for their hard efforts!! ^^

Kunjungi situs mereka di sini, atau ‘Like’ page mereka di facebook.

Running Man, daebak!! \(^o^)/

PS: Jangan susah-susah nyari program ini di Youtube, karena gak bakalan ketemu. SBS telah melarang pihak Youtube untuk menayangkan semua program mereka, jadi Youtube akan otomatis menghapus semua konten acara SBS yang diunggah penggunanya.

 

 

7 thoughts on “Running Man : TV Series

  1. hmmm….salah satu varshow pave aku saat ini,,,gokil nih varshow…apalagi guest2nya keren semua, pemain2nya juga TOP apalagi ada joongki <3333

    1. Alasan awal nonton program ini ya karena ada JungKi-nya. Tapi, sekarang malah suka sama semuanya. Bener, acara ini gokil banget. Tiap episode bisa ku tonton lebih dari 3x, lho. Bener2 tergila2 sama Running Man dah pokoknya. ^^

  2. Maaf buat saudara xxx, komentar anda terpaksa saya tahan. Saya tidak mau ambil risiko di-banned oleh pihak ISUBS karena dalam link yang anda beri ada video dari ISUBS juga. :(

  3. iaaaaaaaaaaaaaaaa aq sukaaaaaaaaa bgttt mampusss am RM tp bingung bgtt caraaa dunluttt na gmnnnaaa..soalnya ga enak selama ini bergantung rampokan ke temenn..hahahahhaa

    1. Gabung aja di ISUBS lewat situsnya (link ada di atas). Trus, buka download page-nya.
      Eh tapi, baca baik2 aturan mereka dulu, ya. Soalny mereka punya beberapa aturan yang harus ditaati. Gak susah sih aturannya, cuma utk menghormati hasil kerja keras mereka aja yg udah nerjemahin gratis buat kita. ^^

    1. Err… maksudnya apa, ya?
      Download dengan eng-sub pastinya ya di iSUBS. Ada part-nya itu gak masalah. Kan bisa digabung dengan HJSplit. :)
      Untuk lebih jelasnya, dibaca aja caranya di situs iSUBS.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s