Diary

iDailyDiary : Diary di Laptop Kamu

Diary…

Saat aku menyebut kata itu, mungkin sebagian dari kita akan terpikirkan sebuah buku atau agenda. Bentuknya mungkin bersampul tebal atau kulit, dan mungkin memiliki gembok untuk melindungi isi di dalamnya.

Diary…

Mungkin sebagian dari kita akan terbayang masa-masa remaja dulu, saat diary adalah tempat mencurahkan semua perasaan. Mungkin sebagian dari kita memang masih mengisinya hingga sekarang?

Dulu, waktu aku masih remaja (duh, tiba-tiba saja merasa tua), aku memiliki beberapa diary. Kenapa beberapa? Karena aku bosenan. Baru beberapa lembar mengisinya, aku sudah bosan dengan warna kertasnya, ataupun ukurannya, dan juga bentuknya. Tapi, sebenarnya itu hanya alasanku saja. Alasan sebenarnya adalah karena aku malas menulis tangan (hahay!). Karena itu, aku sangat berterima kasih pada penemu komputer yang membuatku tak perlu menulis tangan lagi (elus-elus laptop).

Kini, diary pun berubah bentuk. Ia tak lagi hanya berbentuk sebuah buku ataupun agenda. Kita tentu sudah mengenal diary online atau yang biasa orang-orang sebut blog. Ada juga beberapa situs yang aku temukan via googling, menyediakan diary online yang dapat dibaca sesama membernya. Social media yang sedang ngetren sekarang pun sebenarnya bisa kita sebut sebagai diary online, karena sudah dipakai sebagai ajang curcol berjamaah. :D

Eniwei, semenjak tahun 2005, aku pun sudah beralih dari diary tradisional ke diary elektronik. Diary elektronik yang ku maksud ini bukanlah blog, tapi sebuah aplikasi yang kudapat di internet. Namanya iDailyDiary.

 

 

Fungsi-fungsi di dalamnya sama seperti fungsi Word pada umumnya. Yang membuatnya menarik adalah tampilannya yang mirip sebuah binder note. Jadi saat mengetik, aku tetap merasa sedang menulis di sebuah buku. Di bagian bawahnya berjejer tanggal-tanggal, yang jika di-klik akan mengantarkan kita pada tulisan yang ditulis di tanggal tersebut. Tanggal hari ini akan berwarna merah, dan tanggal yang berwarna hijau berarti kita telah menulis sesuatu di tanggal tersebut.

Yang paling kusuka dari diary ini adalah adanya fasilitas ‘cari’. KIta bisa mencari tulisan lama yang pernah kita tulis di sini hanya dengan mengetik kata kunci (bukan judul, ya) yang terdapat di tulisan itu. Saat ditekan tombol ‘search’, diary ini akan menampilkan semua tulisan yang memuat kata itu. Sangat praktis untuk orang pelupa seperti aku. :D

Diary ini juga tidak hanya bisa memuat satu diary. Kita bisa membuat beberapa diary dengan nama berbeda dan password yang berbeda pula. Jadi, hanya perlu satu aplikasi untuk membuat diary untuk seluruh penghuni rumah (kalau mau… ^^).

Apakah perlu membayar untuk mendapatkan diary seperti ini?

Di situsnya sendiri, ada dua jenis diary yang ditawarkan, yang gratis dan yang tidak alias harus membeli software-nya. Milikku sendiri sih yang gratisan… hehe. Tapi kabarnya, yang berbayar juga ¬†memiliki fungsi sebagai organizer dan bisa merubah tema tampilannya. Namun untukku sih yang versi gratis ini sudah cukup untuk memenuhi kebutuhanku dalam menulis.

Tertarik?

Coba saja buka situsnya di splinterware.com. Selamat mencoba! :)

11 thoughts on “iDailyDiary : Diary di Laptop Kamu

      1. wah asyik sudah liat sekarang :D

        mmm.. the thing about Diary is that.. kalau waktu sudah lama berlalu, dan saya baca-baca lagi diary itu, saya malu sendiri. banyak hal yang sebenarnya tak ingin saya kenang :D

  1. @rinnaite: Saya juga jarang nulis hal-hal yang tdk ingin saya ingat di diary. Gaya nulis saya di diary bukanlah untuk penulisan kejadian sehari-hari yg udah saya lalui. Diary saya ya sama kayak isi blog ini plus pikiran2 ‘gila’ saya, joke2 aneh, pokoknya apa yg terlintas di pikiran dan opini saya ttg suatu hal.
    Klo kejadian sehari2 bagi saya sih kebanyakan udah basi. Udah saya lalui, dan saya tahu kejadiannya. Membosankan, gak seru lagi.
    Sebagian besar isi blog ini kan dari dalam iDailyDiary yang saya copy-paste. ^^

Tinggalkan Balasan

