Menulis

Post A Day 2011

Selamat Tahun Baru 2011!!

Bagaimana perasaanmu memasuki tahun 2011 ini? Excited? Atau justru biasa saja?

Kalau saya rasanya deg-degan banget. Apalagi, mulai hari ini saya akan menjalani tantangan ‘Post A Day 2011’. Artinya, sejak hari ini sampai akhir tahun 2011, saya harus ‘memaksa’ diri untuk memposting tulisan setiap hari. Sebetulnya ragu dengan ketekunan sendiri, sih. Apalagi ini adalah sebuah komitmen yang besar.

Bagi saya, halangan terbesar adalah mood. Saya ini blogger moody. Di satu hari saat sedang mood menulis, saya bisa posting tiga tulisan sekaligus. Namun, di hari lainnya saat mood saya sedang di titik nadir, saya bisa hiatus berhari-hari.

Saya jengkel dengan diri saya yang moody ini. Saya juga ingin bisa lebih rajin menulis. Hey, menulis ini adalah kegiatan yang sangat saya cintai. Kenapa saya rajin di bidang yang tidak saya sukai dan justru malas-malasan di bidang yang saya cintai?

Karena itulah, akhirnya saya memberanikan diri mengikuti tantangan ini. *pasang ikat kepala, kepalkan tangan*

Oh ya, mungkin sedikit tips dari saya bisa diterapkan bagi para blogger moody yang ingin mengikuti tantangan ini.

Well, saat kita sedang mood, ide di kepala rasanya banyak dan berlompatan, kan. Nah, tangkaplah ide itu dengan menuliskannya ke dalam ‘daftar hal-hal yang ingin kita tulis di blog’. Tidak perlu detil, cukup hanya satu atau beberapa kata saja. Misalnya, berikut ini adalah contoh dari daftar milik saya sendiri.

  • Kamera
  • Membuat film dari hape: cari contoh video, Joko Anwar, Nokia
  • Biography: Ibu, Bapak
  • Kucing
  • Cita-cita: sejak dari kecil, perubahannya, cita2 sekarang
  • Warna: desain, fotografi

Mungkin kalian yang membaca daftar di atas tidak mengerti apa yang akan saya tulis berdasarkan daftar itu. Itu gak masalah, yang terpenting adalah saya sudah menangkap ide-ide apa yang akan saya tulis di blog ini.

Ide-ide yang sudah ditulis tadi, tidaklah harus dijabarkan menjadi tulisan saat itu juga. Daftar ide itu akan berguna saat Bad Mood menyerang. Saat merasa tidak tahu apa yang akan ditulis hari itu, silahkan membuka daftar yang anda punya. Dengan begitu, mungkin akan timbul kembali semangat untuk menulis dan memenuhi target. Selamat mencoba, semoga berhasil ya!! :D

3 thoughts on “Post A Day 2011

Tinggalkan Balasan

