Diary · Menulis

Kliping Elektronik

Aku teringat suatu hari melihat ayahku sedang asyik menekuni tumpukan koran. Ia melihat-lihat artikel, lalu saat menemukan yang ia sukai, akan ia gunting dengan rapi. Tak lupa ia potong nama koran yang diambil dari sudut kanan bawah surat kabar tersebut dan tanggal berapa artikel itu dimuat. Semuanya ia tempel rapi di atas sebuah kertas. Semua klipingnya nanti ia jilid atau disusun di dalam bantex. Di depannya tak lupa ia beri daftar isi setelah sebelumnya memberi nomor di setiap halaman kumpulan klipingnya. Begitulah aku memaknai kliping.

Namun, jaman nampaknya sudah mulai berubah. Berita dan artikel tak lagi hanya ada di atas kertas. Dunia maya telah mengubah cara penyampaian suatu berita. Kita dapat menemukan banyak artikel menarik bertebaran di berbagai situs. Maka, mungkin ini saatnya mengubah mindset-ku tentang sebuah kliping. Aku ingin membuat kliping elektronik!

Di dunia blog, kita mengenal istilah re-blog. Aku mengenal istilah itu lewat tumblr. Saat sedang blogwalking, lalu menemukan suatu blog atau tulisan yang menarik, maka kita bisa melakukan re-blog dan menampilkan tulisan itu di blog kita sendiri. Dengan begitu, kita bisa mengumpulkan posting yang kita sukai dan membaginya pada pembaca blog kita sendiri. Bagusnya, re-blog tidak menghilangkan penulis asli artikel tersebut.

Bagiku, re-blog dalam tumblr menyerupai kliping dalam bentuk elektronik. Dan, itulah yang ingin ku lakukan sekarang. Membuat kliping elektronik.

Kebetulan, aku ini suka iseng berselancar di dunia maya. Kalau menemukan berita atau foto-foto yang menarik, aku copy ke dalam harddisk. Tujuannya kelak agar dapat dibaca-baca lagi. Tapi, seringkali aku lupa dimana aku mengambil artikel atau foto tersebut (mungkin untuk format word mudah, karena tinggal ditulis. Tapi, untuk foto sulit karena formatnya sudah ditentukan).

Nah, kebetulan lagi (kok banyak sekali sih kebetulannya, Mir?) saat ini aku sedang kena demam ‘Sungkyunkwan Scandal’ dan sedang kesengsem sama yang memerankan tokoh Gu Yong Ha, Song Joong Ki (ehem!). Jadi, sedang giat banget cari foto dan berita tentang doi (ehem!! lagi). Karena berita dan foto yang terkumpul kini menumpuk di harddisk, muncullah dilema itu. “Eh, ini foto ambilnya dimana, ya? Trus doski foto buat majalah apa?”.

Awalnya sih, terpikir untuk membuat blog supaya bisa ditulis asal muasal artikel dan fotonya. Tapi kok ya kayaknya berlebihan, gitu. Kalau seperti Super Junior yang anggotanya 13 orang, wajarlah kalau pada ramai-ramai buat blog tentang mereka, karena bahan cerita gak akan ada habisnya (13 orang gitu, loh). Lha, kalau cuman satu orang, berita tentangnya juga jarang-jarang. Tapi, keinginan untuk mengumpulkan dan berbagi itu tetap saja ada.

Jadi… setelah dipikir-pikir, akhirnya aku membuat fanpage di facebook tentang Song Joong Ki. Memang sih, ada banyaaakkk banget page dan grup di facebook tentang aktor itu (Ternyata, dia terkenal juga. Baru tahu aku #dasargakgaul). Namun, aku tetap ingin membuatnya sendiri. Alasannya ya itu tadi, sekedar ingin mendokumentasikan semua tentang Song Joong Ki yang berhasil aku kumpulkan.

Membuat page sendiri membuatku leluasa untuk mengatur apa yang ingin ku masukkan dan bagaimana aku ingin meletakkannya. Memberi kredit yang pantas (semoga aku benar melakukannya) bagi sumber aslinya. Juga memudahkanku untuk kembali membuka dan membacanya.

Ternyata, membuat page di facebook untuk tujuan ini menyenangkan juga, lho. Facebook telah menyediakan ruang bagi kita untuk mengatur data yang ingin kita masukkan. Kalau ingin memasukkan gambar, tinggal mengunggahnya di ‘Photo‘. Ingin menulis latar belakang bisa menuliskannya di bagian ‘Information‘. Ingin menulis artikel, tinggal tulis di ‘Note‘. Semua hal yang kita lakukan di page akan keluar di ‘Wall‘ page. Jadi, orang-orang yang follow bisa tahu apa saja yang sudah diunggah ke page tersebut. Selain itu, juga ada kolom ‘Discussion‘, jika ingin berdiskusi dengan sesama follower.

Walau tidak seleluasa blog, tapi untuk berita tentang satu orang, ini sudah cukup bagiku. Hanya saja, terus terang yang membuatku gelisah adalah ‘Note’. Aku memang jarang membuat link berita. Bagiku itu merepotkan jika ingin membaca suatu berita lagi. Misalnya, dengan kecepatan internet di rumahku, sungguh sulit untuk membuka situs allkpop. Jadi, kalau ingin membaca ulang suatu artikel, aku sering gagal masuk ke situs itu. Jadi, dengan berat hati aku copy-paste isi artikelnya, walau tetap kucantumkan asal sumbernya, sih. Tujuannya hanya agar memudahkanku membacanya kembali saja. Semoga cara ini tidak salah dan melanggar hak orang lain.

Selain menyenangkan, aku juga jadi banyak belajar terutama bahasa Inggris. Sumber asli dari berbagai artikel yang ku kumpulkan memang sebagian besar berbahasa Inggris. Jadi, sekarang aku harus rajin menerjemahkan mereka semua ke dalam Bahasa Indonesia. Dan, sumber yang berbahasa Indonesia harus dengan rajin pula ku alihbahasakan ke dalam bahasa Inggris. Dengan modal bahasa Inggris yang pas-pasan ini, aku menjadi penerjemah dadakan (kekekeke…). Yah, bagiku itu lebih baik daripada malu dengan kemampuan yang pas-pasan lalu memutuskan untuk tidak menggunakannya sama sekali (ini ngeles lho, bukan sombong).

 

Kalau mau tahu FanPage Song Joong Ki yang kubuat, bisa dibuka di sini

 

Tinggalkan Balasan

