Film

Sungkyunkwan Scandal

Ini dia kadorama yang sedang ku gandrungi saat ini… “Sungkyunkwan Scandal” (SKKS)!!

Berawal dari membaca sinopsisnya di blognya Mbak Tirza, dan rasa tidak sabar ingin segera mengetahui kelanjutannya, aku akhirnya membeli DVD-nya (ketahuan deh, suka nonton dvd bajakan -_-” ). Akhirnya, setelah nonton marathon selama tiga hari, aku berhasil juga menyelesaikan keduapuluh episode-nya. Fiuhh…

Drama Korea ini berlatar dinasti Joseon, tepatnya pada masa pemerintahan Raja JeongJo. Yap, serial ini memang berlatar sejarah. Tapi jangan khawatir, kisahnya gak berat kok. Cenderung lucu, malah.

Cerita bermula dari seorang gadis bernama Kim Hyun Hee yang menyamar menjadi seorang sebagai pria demi mendapatkan pekerjaan yang saat itu hanya bisa dikerjakan oleh pria, yaitu menjadi seorang penulis (untung aku tidak hidup di jaman itu, ya). Pada masa itu, wanita memang dilarang untuk menuntut ilmu terlalu tinggi. Cukuplah kalau hanya bisa membaca dan menulis.

Hyun Hee terpaksa melakukannya demi membiayai keluarga dan adiknya yang sedang sakit. Melihat kepandaiannya, pemilik kios buku tempatnya bekerja, menawarinya untuk menjadi joki ujian masuk Sungkyunkwan.

Sungkyunkwan adalah institusi pendidikan milik pemerintah yang mengajarkan filsafat Konfusius. Sekolah ini terkenal saat itu karena pelajar yang menempuh pendidikan di sana memiliki peluang besar untuk menjadi pejabat pemerintahan kelak setelah lulus. Karena itulah, banyak orang berebut untuk masuk sekolah tersebut dengan menggunakan segala macam cara. Mereka bahkan memakai cara-cara curang seperti mencontek, menyuap pengawas ujian, bahkan menyewa joki untuk menggantikan mereka (mirip UMPTN di negeri ini, ya…kekeke…).

Saat menjadi joki itulah, ia bertemu dengan Lee Seon Jun, anak Perdana Menteri Lee yang angkuh dan dingin. Seon Jun yang selalu taat pada peraturan, nyaris saja membuat Hyun Hee tertangkap tangan saat menjadi joki. Dengan niat membalas tuan muda sombong itu, Hyun Hee menuliskan puisi sindiran di jubah Lee Seon Jun. Walau puisi itu menjadi bahan olok-olokan saat Seon Jun menyetor kertas ujian, mau tidak mau ia harus mengakui kepandaian Hyun Hee. Seon Jun yang tidak tahu identitas asli Hyun Hee sebenarnya, berusaha segala cara agar Hyun Hee mau mengikuti ujian negara itu dengan namanya sendiri. Ia merasa, seharusnya orang-orang seperti Hyun Hee-lah yang layak untuk masuk ke Sungkyunkwan dan kelak menjadi pejabat pemerintahan. Dengan sedikit jebakan, Seon Jun berhasil membuat Hyun Hee mengikuti ujian negara. Hyun Hee yang awalnya mengira ia mejadi joki, terkejut saat tahu kalau ujian itu adalah atas nama samaran (nama adiknya, Kim Hyun Shik) sendiri. Ia tak bisa berkutik dan menghindar karena ujian itu disaksikan serta diawasi sendiri oleh Kaisar. Seon Jun dan Hyun Hee berhasil lolos dan masuk ke dalam Sungkyunkwan.

Memasuki Sungkyunkwan, Hyun Hee berhadapan dengan berbagai misteri yang menyelimuti institusi itu. Misteri yang berkaitan dengan masa depan kerajaan. Termasuk juga, misteri mengenai siapa dirinya dan siapa sebenarnya ayahnya yang disangkanya terbunuh dalam perampokan saat Hyun Hee masih kecil. Di sana, ia juga bertemu dengan kedua senior yang segera menjadi sahabatnya, Moon Jae Shin dan Gu Yong Ha. Bersama Lee Seon Jun, mereka berempat terkenal dengan sebutan “The Jalgeum Quartet”.

Sunkyunkwan Scandal mengisahkan tentang konflik politik, emansipasi, hubungan antara ayah dan anak, keteguhan atas prinsip-prinsip yang benar, dan tentu saja… CINTA. Semuanya diramu ringan, sehingga dijamin gak pusing ngeliatnya. Pokoknya, recommended banget untuk ditonton!

Cast:

Sumber: drama wiki

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s