Diary · Foto

City Tour

Apa yang kalian lakukan pada long weekend kemarin?

Awalnya, aku dan sepupuku, Ratih bingung ingin pergi kemana. Memutuskan untuk bertemu dan sekedar curhat, kami memutuskan untuk berjalan-jalan. Namun, kami tak tahu akan kemana.

Hari itu adalah hari terakhir Pesta Kesenian Bali, maka kami pun menetapkan akan pergi ke sana. Entah karena long weekend atau hari-hari terakhir sekolah atau memang seperti itulah biasanya, PKB penuh seperti pasar. Enggan masuk dan bertemu terlalu banyak orang, kami mengurungkan niat untuk menyambanginya.

Saat bingung akan memutuskan kemana, aku mengusulkan niat untuk pergi ke Renon saja. Mulanya, Ratih mengernyitkan kening dan berkata ragu, “Ke Renon?”. Ya, aku tahu pikirannya. Renon adalah tempat yang terlalu ‘biasa’. Dapat disambangi kapan saja, tempat jogging tiap minggu pagi… well, singkat kata, tempat yang tidak menarik untuk dikunjungi. Tapi, aku berkilah, “Sudahlah, mampir saja. Setidaknya ada obyek yang menarik untuk di-foto di sana.” (Kami sudah membawa kamera. Rugi kan, kalau tidak dipakai).

Akhirnya, ia menyetujuinya. Maka, meluncurlah kami ke sana.

Dan, ternyata dugaanku tidak salah. Walaupun awalnya kami underestimate dengan tempat itu, namun ternyata tempat itu seru juga. Banyak obyek foto menarik untuk diambil. Dan, walaupun kami berkali-kali mendatangi lapangan Renon, baru pertama kali ini kami memasuki museum yang terletak di tengah-tengah lapangan tersebut. Dengan membayar lima ribu perak, anda sudah mendapatkan pemandangan seperti ini:

Museum Bajra Shandi
Museum Bajra Shandi, Renon
Siluet Museum Bajra Shandi
Siluet Museum Bajra Shandi
Halaman Museum
Halaman Museum
Kala
Kala
Pemandangan Kota Denpasar dari atas Museum
Pemandangan Kota Denpasar dari atas Museum

Lalu, saat sore tiba, sesudah beristirahat sejenak dan sholat, kami melanjutkan City Tour ke Desa Kertalangu. Di sana terdapat jogging track yang dibangun di tengah-tengah persawahan. Sementara sepupuku asyik berlari, aku asyik mengambil gambar. Ini dia gambar-gambar yang kuambil:

Gubuk di tengah sawah
Gubuk di tengah sawah

Beberapa petak sawah mulai menghasilkan bulir-bulir padi. Sehingga harus selalu dijaga dari burung-burung pemakan padi.

The Guardian
The Guardian

Dan… inilah jogging track di tengah sawah yang terkenal itu:

Jogging Track
Jogging Track

Oh ya, untuk masuk ke Kertalangu ini tidak dikenakan tiket masuk, hanya membayar parkir saja. Karena kami naik motor, maka kami diwajibkan membayar seribu perak saja. Liburan yang murah meriah, kan?

City Tour sehari itu terasa sangat menyenangkan. Lain kali, pasti kuulangi lagi, tentu saja di tempat yang berbeda.

Kesimpulan yang kudapat dari liburan kali ini adalah… well teman, senang atau tidak perasaan kita tidak tergantung dari dimana kita berada, kemana kita pergi. Tetapi, tergantung dari sikap kita. Perjalanan kami kemarin, mungkin akan menjadi biasa-biasa saja dan tidak menarik jika kami pesimis dan apatis. Namun, dengan semangat banci foto dan sikap pura-pura jadi turis dadakan (kami kan memang tinggal di Bali, jadi tempat-tempat yang orang lain pikir eksotis, terasa biasa bagi kami) liburan dimana saja bisa terasa sangat menyenangkan.

For more photos, you can click here

4 thoughts on “City Tour

  1. memang susah jadi turis di kota sendiri, padahal kalau dijelajah dan diperhatikan baik-baik, ternyata masih banyak yang suka luput dari pengetahuan kita soal lingkungan tempat tinggal sendiri. :)

    1. Di pusat kota Denpasar kok, Gung. Tanya siapa saja, pasti semua tahu. Tanya saja letak lapangan Renon. Di tengah lapangan itu akan terlihat dengan jelas sebuah monumen yang menjulang tinggi. Di sanalah letak Museum Braja Sandhi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s