Cerita · Diary · Menulis · Postingan GaJe

Kreatif & Edit

Di dalam kepalaku, ada 2 departemen yang bekerja di bidang tulis-menulis. Satu departemen ‘Kreatif’ dan satuya lagi adalah departemen ‘Editing’. Kedua bagian ini, masing-masing dikerjakan oleh karakter yang berbeda.

Di bagian Kreatif, orangnya begitu eksentrik. Rambutnya kribo, memakai jaket kulit coklat yang pudar warnanya, dan lehernya digantungi berbagai macam kalung rantai yang berjuntai. Gayanya berjalan seperti sedang berdansa. Pikirannya penuh dengan imajinasi tinggi. Sedangkan, bagian Editing diisi oleh seseorang yang bergaya seperti seorang aristokrat. Wajahnya kaku, jarang tersenyum, dan sangat teliti.

Karakter mereka berdua memang sangat bertentangan. Dan, tidak jarang pula mereka beradu mulut mempertahankan argumen masing-masing. Si Kreatif ingin idenya dipakai, sedangkan Si Edit ingin suatu ide diubah atau dibuang saja. Walau pada akhirnya, adu argumentasi itu akan berpadu menjadi suatu kolaborasi untuk menghasilkan tulisan.

Cara kerja mereka sebenarnya sungguh sederhana. Awalnya, Si Kreatif mencari ide tulisan. Kemudian ia akan merangkai ide menjadi kata-kata dalam sebuah tulisan. Ia tidak peduli dengan tata bahasa, deskripsi, atau apapun yang berhubungan dengan tata tulisan. Yang ia pikirkan adalah bagaimana cara menuangkan idenya di dalam tulisan. Dalam tahap ini, sungguh berbahaya jika Si Edit ikut campur–yang tentu saja, sering ia lakukan. Karena, jika Si Kreatif direcoki pekerjaannya, ia akan ngambek dan menjadi macet dalam menghasilkan tulisan.

Oleh karena itu, walaupun kejam, pada saat Si Kreatif bekerja kami sering mengikat Si Edit di bianglala dan menaruhnya di tempat yang tertinggi sehingga ia tidak bisa memberikan komentar dan kritiknya yang sadis itu.

Setelah semua ide tertuang, saatnya Si Edit bekerja. Dengan ketelitian dan sifatnya yang perfeksionis, ia akan memeriksa tulisan itu, menambah dan mengurangi sehingga menjadi tulisan yang efisien dan efektif.

Aku mencintai keduanya. Tanpa mereka aku tidak akan bisa menghasilkan tulisan yang baik.

3 thoughts on “Kreatif & Edit

  1. We need to write spontaneously more!! XD

    Kadang saya juga nulis apa adanya yang saya pikir, namun setelah nulis panjang lebar saya pikir ulang, baik nggak sih tulisan ini untuk saya bagi, bener ga sih apa yang saya tulis.. Kemudian ragu dan akhirnya ga jadi dipublish :P *lirik folder draft*

    Tapi kadang, kita butuh tahu sisi lain dari seorang penulis, bagaimana dia di balik tulisan-tulisannya yang dia publish. Untuk mengenal lebih jauh dan memberi jiwa pada tulisannya. Bahwa dia lebih dari sekedar tulisan, bahwa dia juga punya kepribadian :)

    1. Hihihi… *Saya jg lirik folder draft*
      Untunglah gak banyak yg pending…
      Waktu buat blog ini, saya memang sdh bertekad utk gak terlalu bnyk ng-edit. “Ah, tulis saja apa adanya”, pikir saya.
      Karena, klo mikirin edit-an, bisa gak publish terus… hehehe…
      Biarinlah gak di-edit, yg penting produktif *maksa gak, sih?*

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s