Diary · Menulis

Kelas Menulis Online

Berapa kali anda pernah mengikuti pelatihan menulis?

Aku sendiri tidak banyak mengikuti pelatihan menulis. Sangat sulit menemukan pelatihan seperti itu di Bali. Pelatihan yang kuikuti secara tatap muka hanya dua kali, yaitu saat workshop penulisan yang diadakan Forum Lingkar Pena. Aku juga memiliki beberapa buku tentang menulis. Maksudnya sih, untuk menambah kemampuanku dalam menulis, tapi pada akhirnya jarang kubaca. :p

Satu ketika, aku mengetahui adanya sebuah kursus menulis yang diadakan secara online. Kuputuskan untuk mengikutinya. Kursusnya tidak lama. Kalau tidak salah hanya 2 bulan. Tetapi, saat itulah saat aku benar-benar menulis. Maksudku, bukannya selama ini aku tidak menulis, tapi aku memiliki sifat moody. Tulisan yang kubuat, akan kutinggalkan jika kehilangan minat di tengah jalan.

Setelah men-transfer uang belajar, aku diberi username dan password untuk masuk ke situs pelatihan itu. Ternyata, di sana aku memiliki teman-teman sekelas dan seorang guru. Dapat dikatakan menyerupai sebuah kelas. Tiap dua minggu kami diberi tugas untuk membuat tulisan dengan tema yang ditentukan. Karena ini adalah kelas menulis awal, maka tugas-tugas itu berkaitan dengan diri kami sendiri. Lalu, minggu berikutnya akan dikomentari oleh teman-teman sekelas dan sang guru. Setelah itu, berdasarkan kritik-kritik itu, kami membuat revisi tulisan.

Menyenangkan, karena pada akhirnya aku mengerti arti dari “Writing is about write and re-write”. Dulu, aku menganggap pekerjaan menyunting adalah pekerjaan yang sangat membosankan. Aku selalu menginginkan tulisanku jadi dalam sekali tulis. Ternyata, tidak bisa seperti itu ya… hehehe…

Menulis awal adalah menuangkan semua yang terlintas di kepalamu ke dalam tulisan. Singkat kata, “Pegang dulu idenya!”. Menyunting adalah memolesnya menjadi tulisan yang menarik.

Beberapa tulisan yang kubuat di kelas menulis online telah ku-posting di blog lamaku. Dan, saat aku pindah blog, aku re-posting lagi di sini. Coba lihat “Rumah Mungil”, “Mejaku”, dan “Panggil Aku Mirna”.

Kelak, jika ada kesempatan dan… dana, aku berniat untuk mengikuti kursus menulis online lagi. Tapi, walaupun tidak, aku akan selalu ingat tips terpenting dalam menulis, yaitu menulis, menulis, dan menulis. :)

One thought on “Kelas Menulis Online

  1. Coba ikutan kelas menulis Poynter aja. Kau juga bisa baca posting mingguan seputar tips dan crafting dari Roy Peter Clark, pelatih menulis dunia. Roy menulis buku berjudul Writing Tools. Buku ini telah diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa dan telah digunakan sebagai panduan terutama bagi wartawan.

    Salam untukmu, kawan!

Tinggalkan Balasan

