Buku · Diary · Puisi

Karya Gibran, Diterjemahkan Sapardi Djoko Damono

Hari ini aku menemukan sebuah buku menarik. Karya Kahlil Gibran yang terkenal, “Sayap-sayap Patah” dan “Al Mustafa”. Kedua mahakarya Gibran itu dijadikan satu paket oleh penerbit Bentang dengan hardcover yang menarik dan dimasukkan ke dalam sebuah kotak.
Aku sudah beberapa kali membeli karya Gibran (yang telah diterjemahkan, tentunya). Dan, aku tahu aku telah memiliki kedua karyanya tersebut di rumah. Tetapi, yang membuatku tertarik dan akhirnya membelinya, adalah sang penerjemah dari kedua mahakarya tersebut. Sang Penerjemah tersebut adalah Sapardi Djoko Damono, salah satu penyair favoritku.
Terus terang, beberapa kali membeli terjemahan karya Gibran, aku tidak pernah selesai membacanya. Menurutku bahasanya terlalu rumit dan berlebihan (aku tidak suka buku yang rumit). Akhirnya, belum selesai membacanya, aku sudah merasa jenuh.
Aku membelinya sekarang dengan ekspektasi tinggi (Sapardi, gitu lho!). Dan…harapanku terwujud. Benar-benar khas Sapardi Djoko Damono!
Bahasanya ringan, mengalir lembut. Membacanya tidak membuat kita mengernyitkan dahi. Memang, karya Gibran yang penuh metafora, menurutku tidaklah bijak jika diterjemahkan dengan bahasa yang rumit dan mendayu-dayu, karena akan hilanglah rasa romantis dari karya itu sendiri.
Jadi, walaupun kini di lemari bukuku ada dua “Sayap-sayap Patah” (dari penerbit yang sama, pula), tapi aku tidak menyesal telah membeli buku ini. Apalagi harganya hanya Rp. 30.000,-. Harga yang sangat murah untuk sebuah buku yang isi dan tampilan berkualitas seperti itu.

One thought on “Karya Gibran, Diterjemahkan Sapardi Djoko Damono

Tinggalkan Balasan

