Cerita · Diary

INSOMNIA

Aku sudah mengalami kesulitan tidur sejak masih kecil. Seingatku sejak kelas 2 SD. Penyebabnya waktu itu adalah karena ingin nonton film. Berhubung saat itu satu-satunya stasiun tv yaitu TVRI hanya memutar film malam hari, jadilah aku begadang demi menontonnya. Ayah-Ibuku tidak bisa melarangku karena aku jarang kesulitan bangun pagi esok harinya walaupun malamnya aku melek sampai jam 2 malam. Walau akhirnya kutebus dengan istirahat siang yang lebih lama dari orang lain, bisa sampai 3 jam.

Tetapi, semakin dewasa alasan insomnia ini semakin bertambah. Aku sangat suka berpikir. Sepertinya itu salah satu hobiku. Otakku tak bisa diam, ada saja yang dipikirkan. Dan, itulah yang terjadi saat aku insomnia kini. Otakku berputar dengan cepat dan penuh oleh berbagai hal. Walaupun mata sudah terasa berat dan tubuh terasa rontok semua, tetap saja aku tidak bisa jatuh tertidur. Bahkan, beberapa kali aku pernah tidak tidur semalaman gara-gara insomniaku kumat.

Kalau sudah begitu, akhirnya kuturuti saja mau otakku ini. Aku duduk di meja belajarku, berhadapan dengan laptopku (thank God sekarang ada laptop, karena aku gak suka nulis tangan), dan kubiarkan pikiran ini mengembara. Semua pikiran yang berseliweran kusalurkan ke ujung-ujung jariku yang mulai menari di atas keyboard. Yang keluar adalah cerita, puisi, rencana, emosi, semua hal yang kurasa dan kupikir saat itu.

Dari situlah sebenarnya aku mulai menulis. Sebagai terapi untuk insomniaku. Tetapi, banyak hal yang kudapat dari semua tulisan-tulisan itu. Ada banyak ide-ide, rencana, mimpi, dan segala macam hal yang normalnya tak terpikirkan olehku. Terkadang aku berpikir, mungkin insomnia ini adalah salah satu proses kreatifku. Kini aku jadi bingung, sebenarnya aku suka atau benci, sih sama Si Insomnia ini?

One thought on “INSOMNIA

Tinggalkan Balasan

