Diary · Renungan

PUZZLE

2

Bagiku setiap orang adalah kepingan puzzle. Beda bentuk, beda warna, namun saling melengkapi. Tapi, aku selalu merasa bukan bagian dari mereka. Tidak merasa cocok dan nyaman. Bentuk jiwaku janggal. Aku mengibaratkan diriku sebagai kepingan puzzle yang salah kotak. Tidak bisa cocok dengan kepingan yang lain. Jikalau dipaksakan, terasa tidak nyaman. Jadi, aku kini sedang mencari kotak puzzle-ku dan bertemu dengan kepingan-kepingan yang cocok denganku. Tapi, bagaimana jika tidak kutemukan jua. Apakah aku akan selamanya menjadi salah satu dari mozaik yang acak. Yang memang tidak memiliki pasangan?

Tetapi ternyata kini kusadari seluruh dunia adalah satu puzzle utuh. Tidak terbagi atas beberapa puzzle. Hanya ada satu puzzle. Aku adalah salah satu dari kepingnya. Tanpa yang satu ini, puzzle tidak akan pernah lengkap betapa pun indahnya puzzle itu. Jika selama ini aku tidak pernah merasa cocok dengan kepingan lain mungkin karena belum menemukan pasangannya. Mungkin aku selama ini bertemu dengan bagian puzzle kiri atas, padahal aku adalah bagian kanan bawah. Jadi, yang harus kutemukan adalah keping-keping bagian kanan bawah dan mulai menyusun puzzle dari bagian itu. Tapi, satu hal yang pasti, aku adalah bagian dari The Big Puzzle, atau kita menyebutnya sebagai DUNIA.

Tinggalkan Balasan

