Kacamata

Apakah seorang kutu buku identik dengan kacamata?

Aku seorang kutu buku. Aku bisa menghabiskan waktu nyaris 24 jam sehari untuk membaca sebuah buku yang kusukai. Hanya kuselakan waktu untuk tidur, sholat, makan, mandi atau ke kamar kecil. Aku bisa melahap habis lebih dari 30 komik dalam sehari. Hmm… apakah itu sudah terdengar seperti seorang kutu buku?

Tapi, aku tak berkaca mata…

Bukannya aku ingin menyombong, tapi kalau kau memiliki seorang ayah seperti Bapakku, kau pun takkan menjadi seorang kutu buku berkacamata.

Sedari aku dan kakakku kecil, Bapak paling cerewet kalau sudah menyangkut soal mata. Beliau senang anaknya senang membaca, tapi harus dengan cara yang benar.

Berikut, aturan baku Bapak tentang membaca:

Penerangan harus cukup. Beliau takkan segan menyalakan lampu di kamar atau ruang tamu saat anaknya asyik membaca namun lupa menyalakan penerangan ruangan.

Jaga jarak membaca. Beliau tak segan menegur anak-anaknya jika membaca terlalu dekat. Jarak baca harus sesuai. Jika, kami mendebatnya, Bapak tak segan membawa penggaris. Benar, saudara-saudara… sebuah penggaris! Lalu penggaris akan diletakkan berdiri di atas buku yang kami baca dan ia akan mengukur hingga jarak 25 cm dari pangkal penggaris. Minimal mata kami harus berada 25 cm dari buku itu.

Jangan membaca sambil tidur. Nah, ini dia sumber kemarahan paling besar Bapak. Beliau bisa mengomel panjang-pendek kalau mendapati anak-anaknya membaca sambil tiduran. Padahal kan, membaca sambil tiduran itu paling menyenangkan.

Tapi, aku tak menyesal telah melakukan semua itu. Berkat omelan Bapak dulu, kini aku dapat melihat dan membaca tanpa bantuan kacamata.

Oh ya, sampai sekarang aku tidak terbiasa membaca sambil tiduran, lho. Kepalaku jadi pusing jika melakukannya.

Sumber gambar dari sini

About these ads

6 thoughts on “Kacamata

  1. kalo aku itu jadi option yang ke-2 mbak, aku biasa menebak orang kutu buku biasanya dari spt apa pemikiran orang tsb, baru yang kedua dari kacamata, hehehe…
    kalo kutukupret identik sama apa ya? hahahaha…..

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s